alexametrics

Sinergi Tingkatkan Literasi Kebanksentralan, Gubernur Bank Indonesia Gelar BI Mengajar di Undip

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Bank Indonesia dan HUT ke-76 Republik Indonesia (RI) yang bertema ”Memperkuat Inovasi, Sinergi, dan Kepedulian Sosial sebagai Kontribusi bagi Pemulihan Ekonomi Nasional”, sekaligus wujud dukungan nyata dalam meningkatkan literasi ekonomi dan kebanksentralan, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan BI Mengajar di Universitas Diponegoro.

DALAM kegiatan BI Mengajar di Undip, Gubernur BI Perry Warjiyo memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa dan akademisi Universitas Diponegoro (Undip). Sinergi kegiatan BI Mengajar ini disambut baik oleh Rektor Undip Prof Yos Johan Utama SH M.Hum, Ketua Senat Akademik Undip Prof Ir Edy Rianto M.Sc Ph.D IPU, beserta jajarannya.

Mengawali acara, Direktur Eksekutif-Kepala KPw BI Provinsi Jawa Tengah, Pribadi Santoso menyampaikan bahwa Undip merupakan mitra strategis BI dalam sinergi pelaksanaan tugas di bidang ekonomi-moneter khususnya dalam penyelenggaraan Survei Konsumen dan Survei Proyeksi Indikator Makro Ekonomi. “Undip merupakan mitra pelaksanaan program beasiswa BI. Yakni, sejak 2017 hingga 2021 sudah tercatat total 450 mahasiswa Undip menjadi penerima beasiswa BI,” katanya.

Baca juga:  Non-ASN Berbondong-Bondong Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Rektor Undip menyambut baik kegiatan BI Mengajar yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan literasi di bidang kebanksentralan baik yang bersifat praktis maupun akademis. “Sinergi dan kolaborasi yang erat antara BI dan Undip ini diharapkan dapat terus terjalin dengan baik untuk mendukung penguatan ekonomi dan bermanfaat untuk semua masyarakat dengan kunci utama adalah saling membantu dan sinergi,” kata Prof Yos –sapaan akrab rektor Undip.

Kepada para peserta BI Mengajar, Gubernur BI memberikan beberapa learning insight antara lain peran BI dalam perekonomian, pentingnya sinergi kebijakan dalam mengelola perekonomian, inovasi bank sentral digital, perkembangan ekonomi terkini, dan respon bauran kebijakan BI. “Selain insight kebanksentralan tersebut, Gubernur BI juga berpesan kepada para peserta tentang kiat sukses menjadi pemimpin, yaitu terus menuntut ilmu, bekerja keras, dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tutur Perry Warjiyo.

Baca juga:  Ekspor Holtikultura Meningkat 35 Persen

Dalam rangkaian BI Mengajar di Undip tersebut, diadakan pula kompetisi inovasi dan kreativitas dalam road to BI Mengajar bagi civitas akedemika Undip. Kompetisi inovasi dan kreativitas tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap peran dan kebijakan BI dan mendorong kontribusi nyata elemen mahasiswa untuk berkarya,

Kompetisi terbagi dalam 3 (tiga) kelompok yang meliputi Lomba Model Bisnis (Kombi), Lomba Poster UMKM Tangguh dan Berkarya (BI Pustaka), dan Lomba Video Cinta dan bangga pakai produk Indonesia (Gentabi). Dalam ragam lomba kali ini, berhasil menjaring 511 mahasiswa sebagai peserta dengan beragam inovasi dan kreativitasnya.

Sebagai wujud dedikasi dan kontribusi BI Bagi Negeri, BI juga melakukan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk mendukung program ”Shelter Covid-19” yang merupakan program penyediaan tempat isolasi mandiri terpusat yang terintegrasi dengan Rumah Sakit Nasional Diponegoro.

Baca juga:  Manfaatkan Sampah sebagai Media Pembelajaran Matematika

Penyerahan PSBI tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur BI kepada Rektor Undip. Acara yang diselenggarakan secara virtual pada Jumat (13/8) ini dihadiri lebih dari 2.600 peserta yang meliputi pemimpin, dosen, civitas akademika, Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan mahasiswa Undip dari berbagai disiplin ilmu dan jenjang pendidikan. (bis/ida)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya