alexametrics

Pandemi, BPR Arto Moro Justru Tumbuh 25 persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Di tengah kondisi perekonomian yang memburuk akibat pandemi Covid-19, BPR Arto Moro Semarang justru mencatatkan pertumbuhan positif. Pada semester I 2020, misalnya, BPR yang berkantor pusat di Jalan Gajah Raya ini, mencatat pertumbuhan aset sebesar 25 persen atau mencapai Rp 257 miliar.

“Ini pencapaian luar biasa,” kata Direktur Utama BPR Arto Moro, Darmawan, S.Sos di kantornya, kemarin. Atas pencapaian tersebut, Darmawan mengucapkan terima kasih kepada para nasabah BPR Arto Moro. Yakni, atas dukungan dan kepercayaan yang mereka berikan.  “Sehingga BPR kami mampu tumbuh 25 persen pada semester I tahun ini justru pada saat pandemi. Ini berkah Tuhan dan hasil kerja keras semua pihak,” kata pria bersahaja ini.

Rincian pertumbuhan Rp 257 miliar, berasal dari pertumbuhan dana pihak ketiga Rp 171 miliar, sektor kredit tumbuh 24 persen atau mencapai Rp 194 miliar. Sedangkan NPL dalam kondisi sehat, 4,31 persen.

Untuk terus meningkatkan pelayanan, lanjut Darmawan, pihaknya tengah membangun gedung pusat baru 9 lantai terletak di kawasan Sambiroto, Tembalang, Semarang. Ia menyakini, performa BPR Arto Moro akan semakin baik dan pelayanan kepada nasabah akan semakin terselenggara maksimal.

Darmawan menambahkan, performa bagus BPR Arto Moro di masa pandemi Covid-19, buah dari rangkaian perbaikan dan implementasi masterplan yang manajemen susun sejak dua tahun  lalu. Sejak  2018, Arto Moro melakukan penguatan sumber daya manusia dan infrastruktur untuk mencapai visi perusahaan. Yakni, menjadi BPR terbaik di kota Semarang dan beraset Rp 1 triliun pada  2023.

“Visi tersebut, kami breakdown ke dalam kurikulum Arto Moro yang menjadi panduan perusahaan dalam pelatihan dan pengembangan SDM.” Penguatan SDM juga diikuti inovasi dalam bentuk pengembanganan layanan digital. Juga aplikasi untuk memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

Bagi BPR Arto Moro, sambung Darmawan, nasabah adalah kunci  kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan. “Karena itu, BPR Arto Moro senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan layanan dalam rangka memberikan kenyamanan dan pengalaman lebih baik kepada para nasabah.”

Terkait performa kinerja perusahaan, Darmawan menyampaikan rasa syukur, karena BPR Arto Moro  mendapatkan apresiasi dari majalah Infobank. Yakni, berupa Infobank Award 2020, dengan predikat sebagai Bank Berkinerja Keuangan Sangat Bagus.

Untuk diketahui, data OJK menunjukkan penyaluran kredit perbankan pada semester pertama 2020 hanya tumbuh 1,49 persen. Sedangkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 7,95 persen. Secara nasional, kinerja baik justru ditunjukkan oleh BPR. Per Mei 2020, aset industri BPR tumbuh  6,08 persen. Tabungan tumbuh  6,77 persen, deposito tumbuh 6,43 persen,  dan kredit tumbuh  5,50 persen. (isk/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya