Penyaluran Kredit Wibawa Capai Rp 12,3 M

134
Agus Puji

RADARSEMARANG.ID, Semarang Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Pasar Kota Semarang telah menyalurkan Rp 12,3 miliar dana Kredit Wibawa kepada 1.730 nasabah UMKM dan delapan nasabah koperasi.

Dirut Perumda BPR Bank Pasar Agus Puji K mengatakan, dana tersebut berhasil disalurkan dari Januari sampai Agustus. Masda pandemi tak membuat penyaluran kredit terhenti. Tetap berjalan, guna mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

“Total dana yang tersalurkan sebesar Rp 12,3 miliar. Rinciannya 1.730 nasabah UMKM itu sekitar Rp 11,7 miliar. Kemudian untuk koperasi Rp 600 juta,” katanya Selasa (15/9/2020).

Sampai akhir tahun ini, BPR Bank Pasar Kota Semarang menargetkan penyaluran kredit wibawa sebesar Rp 15 miliar. Agus meyakini jika terget tersebut bakal teralisasi mengingat masih ada waktu tiga bulan.

Pengajuan Kredit Wibaya, lanjut dia, bisa diajukan di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang. Syaratnya UMKM wajib memiliki Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

“Kami hanya melakukan BI Checking, jika dinas setuju, lolos BI Checking maka dana bisa dicairkan mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 50 juta untuk tambahan modal,” terangnya.

Disinggung jumlah kredit macet, atau Non Performing Loan (NPL) khususnya untuk nasabah kredit wibawa, Agus mengaku sejauh ini masih terkendali. Aturan NPL sendiri berbeda dengan bank umum, NPL mengacu pada pemerintah kota adalah perhitungan pinjaman sudah jatuh tempo dan tidak lunas. “Sejauh ini meski di tengah pandemi masih terkendali,” ungkapnya. (den/zal/bas)