alexametrics

Awali Buat Target dan Pecahkan Persoalan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Untuk menjadi pengusaha, bisa mengawalinya dengan membuat target dan memecahkan persoalan di lingkungan sekitar. Dan harus berani jatuh bangun, tapi cepat mengambil keputusan.

Itulah tips yang diberikan Founder Ok Oce Sandiaga Salahudin Uno saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional daring bertema “Be Influential Young People Through Digital Strategy” yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), kemarin. Acara tersebut juga menghadirkan, Bussines Owner of Grasia Hotel Heru Isnawan, dosen FE Unimus Dr Djoko Setyo HW, dan Dekan FE Unimus Dr Haerudin.

Sandi –sapaan akrabnya- mengakui, sebelum dirinya mengawali berwirausaha dari minatnya yang kuat di bidang keuangan dan akuntansi. Kemudian mendirikan perusahaan investasi yang masih eksis hingga sekarang.

Baca juga:  Tak Pakai Masker, Pengendara Dihukum Push Up

“Kunci sukses menjadi wirausahawan bisa dimulai dari minat, jangan mudah menyerah, banyak belajar, jangan terlalu lama di zona nyaman. Terpenting, harus bisa mengambil keputusan cepat serta perbanyak jaringan,” katanya.

Seperti dalam menghadapi pandemi Covid-19, kata Sandi, menuntut orang beraktivitas dari rumah mulai dari sekolah sampai bekerja. Hal ini menimbulkan beragam persoalan, mulai ketersediaan energi, pangan, dan obat-obatan. Hal-hal seperti ini bisa menjadi peluang untuk menjalankan usaha. “Meski fase-fase sulit, kita bisa melewatinya. Karena pasti akan ada yang membantu. Itulah gunanya memperbanyak jaringan,” sebutnya.

Sedangkan Dekan FE Unimus Dr Haerudin menambahkan fenomena digital marketing sekarang serba modern. Tentu, gaya marketing konvensional mulai tergeser. “Mau tidak mau, para pelaku usaha harus meng-upgrade ilmu marketingnya,” tandasnya. (jks/ida/bas)

Baca juga:  DPR : Jika PGN Dipaksa Rugi, Infrastruktur Tidak Terbangun dan Rakyat Rugi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya