alexametrics

Dekopin Kebut Transformasi Digital

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Koperasi mulai melakukan transformasi digital. Tantangan menghadapi pandemi Covid-19 turut mempercepat proses ini.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid mengatakan saat ini jajaran dewan koperasi tengah melakukan skema transformasi ekonomi. Berupa digitalisasi ekonomi sebagai syarat mutlak yang wajib dilakukan. Menyasar pada sistem database koperasi yang diubah agar lebih modern. ” Nanti digitalisasi ekonomi (koperasi) berupa digitalisasi keanggotaan, keuangan dan skema pelancaran stimulus bagi anggota,” katanya di sela acara Konsolidasi Dekopinda Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah Selasa (11/8/2020)

Menurutnya, tindakan itu sebagai respon untuk menyelamatkan koperasi. Dekopin telah membentuk tim khusus. Dengan harapan, masukan dan rekomendasi dari anggota koperasi bisa tersampaikan kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartanto. Di dalam digitalisasi ekonomi, Dekopin telah membentuk tiga tim. “Yakni tim untuk recovery primer, recovery sekunder dan recovery simpan pinjam dan kredit,”imbuhnya.

Baca juga:  Bawang Putih Surplus, tapi Sulit Jual

Data yang dihimpun Dekopin, hampir 90 persen koperasi terkena dampak pandemi Covid-19. Saat ini koperasi di Indonesia berjumlah sekitar 250 ribu dan yang aktif di kisaran 156 ribu.

Ditambahkan Nurdin, melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), pemerintah memberikan kucuran dana sebesar Rp 4 triliun. Besaran dana tersebut nantinya untuk mendorong pergerakan ekonomi khususnya di tingkat masyarakat bawah. Tinggal bagaimana meningkatkan daya penyerapannya. “Sejauh ini sudah 70 persen penyerapannya. Ditargetkan selesai pada Desember tahun ini,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Kota Semarang Walid menuturkan, saat ini koperasi yang tersebar di Kota Semarang mulai bangkit. Untuk menjaga ritme semangat anggota, pihaknya mencoba melakukan pendekatan dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang. Terutama mengenai perihal solusi yang harus dikerjakan bersama-sama dengan asas gotong royong. (avi/ton/bas)

Baca juga:  Fermentasi Sampah Pengganti Bahan Kimia

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya