alexametrics

Industri Perbankan Stabil, Kredit Masih Tumbuh 4,8 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Secara umum, industri perbankan saat ini dalam kondisi stabil dan terjaga. Terlihat dari rasio keuangan hingga kecukupan likuiditas hingga April 2020.

Kepala OJK Regional Jawa Tengah dan DIJ Aman Santosa mengatakan, rasio keuangan hingga April yang berada dalam batas treshold. Perbankan di Jawa Tengah dalam hal kredit masih mengalami pertumbuhan sebesar 4,80 persen dari tahun lalu.

“Seperti rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) di angka 22,13 persen, kredit bermasalah (NPL) gross 2,89 persen. Kemudian kecukupan likuiditas yaitu rasio alat likuid/non-core deposit di April 2020 terpantau pada level 117,8 persen. Sedangkan alat likuid/DPK April 2020 pada level 25,14 persen,” ungkapnya.

Baca juga:  Senja di Umbul Mudal

Lebih lanjut, threshold atau batas aman masih tetap mendominasi. Baik untuk kredit yang mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun lalu. “Seperti Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 4,04 persen year of year dan NPL Net masih terjaga di 1,75 persen,” tambahnya.

Aman menambahkan, perbaikan kinerja beberapa bank turut berjalan positif. Sebagai contoh, OJK saat ini sedang memproses rencana penggabungan usaha PT. Bank Pembangunan Daerah Banten (Tbk) ke dalam PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB). “Rencana itu sudah masuk ke Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani pada tanggal 23 April 2020. Oleh Gubernur Banten Wahidin Halim dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,” papar Aman.

Baca juga:  Trafik Data XL Axiata di Jateng dan DIJ Naik 32 persen

Selain Bank BJB, permodalan yang masih kuat juga berlaku untuk Bank Mayapada. Rasio kecukupan modal mencapai 18 persen atau jauh di atas ketentuan minimum 8 persen. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan penuh pemegang saham yang telah melakukan penambahan modal sebesar Rp 3,75 Triliun. “Ini sebagai bentuk bagain dari komitmen untuk terus membesarkan bank sebagai pemain utama dalam membangun ekonomi nasional,” jelasnya. (avi/ton/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya