alexametrics

FKIP Unissula Inisiasi Collaborative Learning

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di SD Islam Darul Huda Semarang. Pengabdian dengan judul “Pendampingan Kelompok Siswa Remedial di SD Islam Darul Huda Semarang dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Klinik Cerdas Diagnostik Berbasis Collaborative Learning.”

Pengabdian ini diketuai oleh Nuhyal Ulia M.Pd dengan anggota pelaksana Jupriyanto MPd telah dilaksanakan 5-13 September 2019. Pengabdian diisi koordinasi, sosialisasi, pendampingan dan pelatihan.

Menurut Nuhyal, pengabdian ini dilatarbelakangi oleh perlunya perhatian yang lebih kepada siswa-siswa remedial. Remedial diperuntukkan bagi siswa yang belum tuntas memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sebagaimana pada kurikulum yang digunakan masih menggunakan strategi pembelajaran tuntas atau mastery learning yang terdapat dalam istilah program remidial dan pengayaan.

Baca juga:  Awali Buat Target dan Pecahkan Persoalan

Di SD tersebut, jelasnya, masih ditemukam beberapa siswa yang mengalami remedial. Penanganan sebelumnya pihak sekolah mengadakan jam tambahan. Namun, berdasarkan wawancara pelaksanaan jam tambahan belum efektif. Maka diperlukan inovasi pembelajaran seperti collaborative learning yaitu pembelajaran yang mengutamakan kolaborasi, kerja sama antarsiswa dalam memahami pelajaran diharapkan dapat menjadikan pembelajaran semakin menarik.

Sedangkan adanya klinik cerdas diagnostik sebagai mediator untuk mengatasi permasalahan siswa dalam pembelajaran sehingga dapat diberikan solusinya. Dengan adanya klinik ini, akan ada semacam konseling yang dilakukan dengan pendekatan personal. Sehingga diharapkan dapat mengatasi permasalahan belajar kelompok siswa remedial melalui pendampingan belajar disertai klinik cerdas diagnostik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar mereka dan tuntas KKM. (tri/bis/ida)

Baca juga:  Ajari Anak Jalanan Literasi dan Berhitung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya