alexametrics

PBI Unissula Pacu Kompetensi Guru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Tim dosen program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyelenggarakan kegiatan pengabdian untuk guru. Yakni, guru mata pelajaran (mapel) bahasa Inggris di tingkat Madrasah Aliyah (MA), Sabtu (26/10) lalu.

Pengabdian bertema Pengembangan Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Siswa (Student-Centered Learning/SCL) diselenggarakan  bekerja sama dengan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) nahasa Inggris MA Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula MA Negeri Demak Jalan Diponegoro Jogoloyo Demak.

Hadir pada kegiatan itu dekan FBIK Hartono M.Pd yang juga bertindak sebagai penyaji bersama KurniawanYudhi Nugroho MPd, Huyi Intan Sari MPd, Chairil Anwar MPd, dan Haris Ma’ruf. Ketua MGMP Zaenal Abidin M.Si mengatakan bahwa pembelajaran bahasa Inggris sangat kompleks dan guru perlu terus meningkatkan kemampuan mengajarnya.

Baca juga:  Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah

Lebih lanjut, ia berterima kasih kepada para guru yang telah menyempatkan hadir dan berharap ada banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan bersama Unissula.  Sementara itu, Ketua Pengabdian, Hartono menyatakan sangat gembira melihat antusiasme peserta dan akan terus berupaya melakukan pendampingan untuk membantu memecahkan permasalahan pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris yang dihadapi oleh guru.

Materi yang disajikan pada kegiatan tersebut antara lain filosofi student centered learning, beberapa strategi pembelajaran SCL seperti reader response, FLIP classroom, dan pemanfaatan teknologi multimedia dan internet untuk pembelajaran.

Menurut Hartono, pembelajaran SCL adalah mengubah fokus pembelajaran dari guru ke siswa dengan tujuan akhir mengembangkan kemampuan siswa belajar secara otonom dan mandiri dengan meletakkan tanggung jawab belajar mereka. Guru diharapkan menjadi fasilitator dan menahan diri untuk tidak mendominasi kelas. Kegiatan berlangsung secara interaktif dan diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada peserta. (tri/bis/ida)

Baca juga:  Kunjungan Mal Masih Rendah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya