Mental Block Penghalang Spirit Berwirausaha

254
DORONG BERWIRAUSAHA : CEO UHTB Psychogenetic Coach, Edi Darmoyo menyajikan soft skills and career development dalam pembekalan bagi peserta wisuda ke-78 di kampus Kaligawe km 4 Kota Semarang, Selasa (22/10) kemarin. (ISTIMEWA)
DORONG BERWIRAUSAHA : CEO UHTB Psychogenetic Coach, Edi Darmoyo menyajikan soft skills and career development dalam pembekalan bagi peserta wisuda ke-78 di kampus Kaligawe km 4 Kota Semarang, Selasa (22/10) kemarin. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) mengadakan pembekalan bagi peserta wisuda ke-78 di kampus Kaligawe km 4 Kota Semarang, Selasa (22/10) kemarin. Dalam pembekalan tersebut menghadirkan Owner PT EMJEWE Training & Consulting, Ustad Akbar Zainudin MM, yang menyampaikan entrepreneur sharing and motivation dan CEO UHTB Psychogenetic Coach, Edi Darmoyo menyajikan soft skills and career development.

Menurut Edi Darmoyo, para wisudawan yang sebentar lagi akan diwisuda harus memiliki semangat belajar tinggi. Belajar dalam artian yang lebih luas, bukan hanya tekstual, tapi kontesktual.

“Jika dapat pekerjaan pertama setelah wisuda, sebaiknya jangan langsung berpikir dapat uang berapa. Jadikan itu bukan hanya untuk dapat uang, tapi yang lebih penting sebagai proses pembelajaran. Jadi sambil belajar ada yang bayar,” ungkapnya dalam pembekalan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Unissula, M Qomaruddin MSc PhD dengan sambutan dari Ketua Panitia Pembekalan, drg Andina Rizkia Putri K SpKG.

Dikatakan Edi, banyak orang salah mengartikan arti kesuksesan. Sebab, sukses ada lima indikator. Yakni, memahami tujuan dan misi hidupnya. Mengenali postensi potensi dalam dirinya. Makin terampil mengembangkan potensi. Mampu menata hidup menjadi lebih baik, serta mampu berkontribusi dan bermanfaat bagi orang lain.

Sementara itu, Akbar Zaenuddin menyatakan bahwa banyak hal yang menjadi penghalang seseorang berani berwirausaha yang biasa dikenal dengan mental block. “Ada banyak alasan seseorang enggan berwirausaha, karena merasa tidak punya pengalaman, merasa tidak punya bakat, merasa bukan orang yang tangguh, merasa tidak punya keterampilan, dan berbagai alasan lainnya. Itulah mental block yang menjadi penghalang enggan berwirausaha,” ungkap Akbar.

Pembekalan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III M Qomaruddin MSc PhD serta sambutan dari ketua panitia drg Andina Rizkia Putri K SpKG. (tri/bis/ida)