alexametrics

Tak Lelah Berjuang demi Kemanusiaan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Member Rotary harus memiliki jiwa kemanusiaan yang luar biasa dan siap melayani masyarakat. Sesuai mottonya Service Above Self. Cindy Bactiar adalah salah satunya. Dia bergabung dalam Rotary Club Semarang pada tahun 2004.

Rotary Club Semarang Kunthi the largest ladies club di D 3420 saat itu memiliki 78 member. Tahun pertama bergabung, Cindy memang tak begitu aktif. Maklum, saat itu, ia dan suami masih fokus memiliki keturunan. Setelah doanya mendapatkan momongan terkabul, sebagai rasa syukur akhirnya dia berkomitmen mengabdikan diri kepada masyarakat melalui Rotary Club.

“Saya merasa organisasi ini yang tepat untuk saya dalam membangun network di Kota Semarang,” ungkap ibu dua anak tersebut.

Bergabung menjadi anggota Rotary membuatnya merasa bahagia. Hidup menjadi lebih berguna karena bisa membantu banyak orang. Project-project kemanusiaan yang dikerjakan dapat berdampak untuk masyarakat luas. Bahkan mendunia. “Dapat juga menginspirasi orang lain untuk saling membantu,” katanya.

Baca juga:  Isoman Iso, Bantu Warga yang Jalani Isolasi Mandiri

Selama lebih dari 116 tahun Rotary telah melakukan banyak project kemanusiaan. Organisasi ini konsen di berbagai bidang. Mulai pendidikan, pengembangan ekonomi, air bersih dan sanitasi, pencegahan penyakit dan penanganannya, kesehatan ibu dan anak, penataan lingkungan, hingga mengatasi konflik.

Berkat pengabdian dan keaktifannya, pada 2015-2016 Cindy dipercaya sebagai President Rotary Semarang Kunthi. Banyak project kemanusiaan yang telah dilakukan. Di antaranya, menyumbangkan mobil perpustakaan keliling kepada Perpustakaan wilayah Jawa Tengah, pemberian helm gratis untuk anak-anak, fundraising dengan mengadakan acara gemuk menarik, pelatihan limbah rumah tangga, serta pemasangan jamban di desa pongangan. Tak cukup sampai di situ, RC Semarang juga mengajarkan budidaya perikanan dengan membuatkan kolam lele. “Kami juga melakukan penanaman mangrove, pemberian sumbangan dan buka bersama dengan anak panti asuhan, project kacamata untuk anak Sekolah Dasar dan masih banyak lagi,” imbuhnya.

Baca juga:  Rotary Club Semarang Beri Bantuan Empat Kambing

Tahun ini, ada signature project yang dibuat, yaitu 5.000 generic toilet untuk keluarga di Indonesia. Mengingat masih ada 20 juta keluarga yang belum memiliki toilet. Mereka masih memiliki kebiasaan buang air besar di semak ataupun sungai.

Project kemanusian Rotary yang telah mendunia dan berdampak luas adalah End Polio Now. Rotary telah bekerja sama untuk memberantas polio selama lebih dari 35 tahun. Bekerja sama dengan The Bill & Melinda Gate Foundation untuk membersihkan dunia dari penyakit ini.

“Kami memberikan layanan kepada orang lain, mempromosikan integritas, dan memajukan pemahaman dunia, niat baik, dan perdamaian melalui kemitraan kami dengan para pemimpin bisnis, profesional, dan masyarakat,” terangnya.

Baca juga:  Perkumpulan Minnan Gonghui Semarang Gratiskan Makan Siang Warga Isoman

Masa pandemi tak membuat semangat para Rotarian (sebutan member Rotary) surut. Justru semakin trengginas untuk menggelar aksi kemanusiaan. Tentunya semua kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan. Project saat ini lebih mengutamakan kebutuhan masyarakat saat pandemi. Seperti kegitan food sharing, membagikan masker maupun alat pelindung diri, menyalurkan sembako, pemasangan wastafel di tempat wisata, hingga memenuhi kebutuhan warga yang melakukan isolasi mandiri.

“Tentu saya ingin membuat Rotary khususnya di District 3420 ini semakin maju dan berkembang. Selaras dengan target yang diinginkan oleh Rotary International President Shekhar Mehta, untuk menambah member dan semakin banyak project kemanusian yang dikerjakan,” tandasnya. (mg3/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya