alexametrics

Perkumpulan Minnan Gonghui Semarang Gratiskan Makan Siang Warga Isoman

RADARSEMARANG.ID – Di tengah pandemi Covid-19, masih banyak orang yang mempunyai jiwa sosial tinggi. Seperti Perkumpulan Minnan Gonghui Semarang ini. Selama pandemi, mereka memberikan makan siang gratis untuk warga Kota Semarang yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19.

Kepedulian terhadap pasien Covid-19 khususnya warga Kota Semarang yang menjalani isolasi mandiri ditunjukkan oleh  Perkumpulan Minnan Gonghui Semarang. Aksi sosial berupa pembagian ribuan nasi dus ini diinisiasi Pemuda Perkumpulan Minnan Gonghui  Semarang yang diketuai Bing Yusuf. “Warga yang kami sasar utamanya yang bertempat tinggal dalam radius 10 kilometer dari kantor sekretariat kami di Jalan Plampitan 56 Semarang,” kata salah satu panitia kegiatan, Caroline kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dikatakan, kegiatan sosial pembagian makan siang ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pada 12-20 Juli 2021 lalu, dan dilanjutkan pada tahap kedua, 21-31 Juli 2021. Selama dilaksanakan kegiatan ini, dari tahap pertama sampai tahap kedua memberikan makan siang gratis setiap hari untuk 500 orang warga Kota Semarang yang sedang melakukan isolasi mandiri. Total 3.500 porsi makan siang dibagikan dalam seminggu.

Baca juga:  Isoman Iso, Bantu Warga yang Jalani Isolasi Mandiri

“Setiap harinya kami membagikan 500 porsi makan untuk orang yang isoman, dikirim dengan target sebelum jam 12.00 sudah sampai di rumah warga. Untuk pengiriman kami dibantu oleh 20 orang kurir setiap harinya,” papar Caroline.

Ketua Perkumpulan Minnan Gonghui Semarang Hasan Arifin menjelaskan, pembagian makan siang ini tanpa membeda-bedakan warga yang menerimanya. “Saat ini kita harus saling membantu dan semoga pandemi ini cepat berlalu,” katanya.

Dikatakan, kegiatan ini terlaksana atas bantuan dan dukungan dari donatur para pegurus Perkumpulan Minnan Gonghui yang memberikan bantuan uang, vitamin, dan lain-lain, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan, dan berguna untuk masyarakat.

“Kami memberikan makanan sehat yang setiap hari berganti menu. Nasi, lauk, dan sayur dan vitamin. Kami mendoakan untuk warga yang isoman dapat segera sembuh dan dapat beraktivitas kembali,” ujar Dwiyanto Putra Sudradjat, sekretaris perkumpulan ini.

Baca juga:  Tingkatkan Literasi, Ajak Masyarakat Berinvestasi

Dijelaskan, perkumpulan ini berdiri sejak 2001. Merupakan perkumpulan orang-orang Hokkian yang berada di Kota Semarang. Anggotanya berasal dari berbagai kalangan.  Kegiatan sosial Perkumpulan Minnan Gonghui yang sering diadakan, di antaranya pembagian sembako untuk warga kurang mampu, serta memberikan makan gratis “kantin kebajikan” untuk warga yang membutuhkan di sekitar sekretariat Jalan Plampitan. Namun karena pandemi,  saat ini dialihkan untuk membantu warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Selain memberikan makan siang untuk warga isoman, perkumpulan ini juga membagikan paket sembako untuk warga lansia di atas 65 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan selama masa pandemi ini. (mg5/aro)

Baca juga:  Bangun Jutaan Jamban, Dikenal sebagai ‘Dokter Jamban’

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya