alexametrics

1.543 Warga Binaan Lapas Kedungpane Divaksin Tahap Pertama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sebanyak 1.543 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I atau Lapas Kedungpane Semarang melaksanakan vaksin tahap pertama. Dalam kegiatan ini, Kemenkumham Jawa Tengah menggandeng Polda Jawa Tengah dan Pangdam IV Diponegoro.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng A Yuspahruddin mengatakan, vaksin ini merupakan bantuan dari langsung dari Polda Jateng. Adapun petugas yang melaksanakan dari tenaga kesehatan Lapas Kedungpane, Lapas Wanita Bulu, TNI dan Polri. Ia mengungkapkan, vaksinasi ini dilakukan dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di lingkungan Lapas dan Rutan.

Menurutnya, kondisi lapas yang sudah kelebihan kapasitas sangat rentan. Untuk menerapkan protokol kesehatan khususnya jaga jarak dan menjauhi kerumunan pun tidak bisa maksimal. Adapun protokol kesehatan yang dapat diterapkan berupa mencuci tangan dan memakai masker.

Baca juga:  Penerima Vaksin Tak Boleh Langsung Donor

“Memang untuk social distancing kita tidak bisa karena kondisinya sudah over-capacity. Makanya kita adakan vaksin ini untuk pencegahan,” ujarnya saat memantau langsung pelaksanaan vaksin di aula Lapas Kedungpane, Rabu (28/7/2021).

Adapun vaksinasi ini akan dilakukan dua hari, Rabu-Kamis (28-29/7/2021). Sementara untuk pelaksanaan vaksin di Lapas Perempuan Semarang akan dilakukan Jumat (30/7/2021) dengan jumlah 270 wbp. Ia memerintahkan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan seluruh Jateng untuk segera koordinasi dengan Polrestabes dan Kodim setempat untuk pelaksanaan vaksinasi.

Adapun sudah ada 18 Lapas dan Rutan yang melaksanakan vaksin lebih dulu. Yuspahruddin menyebutkan, beberapa di antaranya yaitu Lapas Kelas IIA Ambarawa, Lapas IIA Pekalongan, Lapas IIB Brebes, Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang, Rutan Kelas IIB Demak, dan Rutan Kelas I Surakarta.

Baca juga:  DKK Semarang Bakal Skrining Usai Libur Panjang

Kepala Lapas Kedungpane Supriyanto menambahkan, pelaksanaan vaksinasi ini akan diberikan dua kali, hari ini dan tahap II pada tanggal 31 Agustus. Adapun jumlah wbp yang divaksin 1.543 orang dari jumlah total 1.724 wbp. Sisanya beberapa tahanan di Polrestabes sebanyak 147 orang, wbp yang positif Covid-19 33 orang, dan vaksin untuk manula sudah diberikan pada 25 wbp. (ifa/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya