alexametrics

Tinggal 500 Lansia yang Belum Divaksin

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Puskesmas Karangdoro Semarang Timur menargetkan 500 lansia selesai divaksin pada pertengahan April mendatang. Tercatat kurang lebih 1.800 dari 2.300 lansia di wilayah Kelurahan Rejomulyo, Mlatibaru, dan Kemijen telah mendapat suntik vaksin, Selasa (30/3/2021).

Kepala Puskesmas Wahyudi mengungkap, stok vaksin sempat habis minggu lalu. Antrean penerima vaksin hari itu dialihkan ke sentra vaksin bersama BUMN di PRPP. Kurang lebih 300 lansia mendapat vaksin di sana. Menurutnya hal itu turut berkontribusi dalam percepatan vaksinasi. “Kami memang melakukan percepatan vaksinasi, biar tugas satu selesai, lalu bisa melanjutkan ke tugas lainnya,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dua tim vaksin yang dibentuk melayani vaksinasi setiap hari kecuali hari Minggu. Sosialisasi juga masih dilakukan agar informasi menjangkau ke seluruh masyarakat. Pihaknya menggandeng kader kesehatan dan aparat kelurahan untuk mengimbau dan mendata lansia di wilayahnya.

Baca juga:  Wagub Taj Yasin Pantau Vaksinasi Anak Batang

Dalam sehari, puskesmas tersebut biasanya melayani sebanyak 120 suntik vaksin. Cukup banyak untuk skala puskesmas. Menurutnya, percepatan vaksin yang diupayakan demi meningkatkan imunitas dan menurunkan angka penyebaran Covid-19 secepat mungkin.

Hingga kini, hanya terdapat empat kasus positif Covid-19 di wilayah tersebut. Total dari 2020 sebanyak 251 kasus dengan 205 pasien sembuh dan 42 meninggal. Pasien meninggal hampir keseluruhan memiliki penyakit penyerta.

Tak hanya di wilayahnya, Wahyudi juga ditunjuk untuk memimpin vaksinasi lansia di Pondok Pesantren Al Itqon. Sebanyak 350 lansia telah disuntik vaksin pada Minggu (28/3/2021) kemarin. “Harapan kami, setelah lansia, 27 ribu warga lainnya bisa segera divaksin. Targetnya Oktober semua selesai, aman, dan sehat,” imbuhnya. (cr1/ida)

Baca juga:  Masyarakat Semakin Sadar Prokes

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya