alexametrics

Upayakan Percepatan Vaksin dengan Jemput Bola

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Puskesmas Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, mengupayakan percepatan vaksinasi lansia dengan jemput bola di tiap kelurahan wilayahnya. Bahkan, sudah menyelesaikan 60 suntik vaksin di halaman kantor Kelurahan Mlatiharjo.

Untuk Senin (29/3/2021) kemarin, menargetkan kurang lebih 50 lansia untuk divaksin dosis I di Pendopo Sobokarti, Kelurahan Kebun Agung. Sedangkan warga Bugangan tetap melakukan vaksin di puskesmas karena lokasi berdekatan.

Kepala Puskesmas dr Samsudin menyampaikan sebanyak empat tim vaksin yang dipimpin dr Melisa dikerahkan untuk melayani di puskesmas maupun menjemput bola di kedua kelurahan. Lalu untuk memudahkan proses screening lansia calon penerima vaksin melakukan cek tensi darah terlebih dahulu setibanya di lokasi.

Baca juga:  Deteksi Varian Omicron, Tunggu Hasil WGS

“Kan kasihan kalau lansia harus mengantre lama, ternyata tensinya nggak memenuhi syarat vaksin,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (29/3/2021).

Pihaknya mengakui perlu kerjasama berbagai pihak untuk menyelesaikan target vaksin lansia di wilayahnya sebanyak 1.623 orang. Termasuk kepala kecamatan, kepala kelurahan, ketua RW dan RT dan tentunya kader kesehatan. Hingga kini puskesmas tersebut telah menyelesaikan 850 vaksinasi untuk lansia. “Kalau di puskesmas kan kapasitasnya terbatas, biasanya sehari 70 orang saja,” imbuhnya.

Saat ini kasus positif di wilayahnya tercatat sebanyak 4 pasien Covid-19. Untuk menekan angka kasus yang bertambah, pihaknya memaksimalkan tim gerak cepat. Tim yang telah dibentuk sejak tahun lalu bertugas melakukan tracing kontak pasien kurang dari 24 jam.

Baca juga:  Dua Lemari Pendingin Tampung 2.000 Vaksin

Data terakhir di Kota Semarang tercatat 285 kasus positif Covid-19 pada Minggu lalu. Kini menurun sebanyak 21 kasus dari hari sebelumnya. Sedangkan wilayah Kecamatan Semarang Timur berjumlah 12 kasus, menurun dua angka dari sebelumnya. (cr1/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya