alexametrics

Pariwisata Anjlok, Tetap Optimistis dan Bangkit

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyebut sektor pariwisata alami penurunan pendapatan hingga 57 persen pada 2020. Meski begitu, pihaknya optimistis sektor ini akan kembali bangkit.

Padahal sektor pariwisata merupakan salah satu tulang punggung perekonomian di Kabupaten Wonosobo. Sektor ini memiliki multiplayer effect yang menyebar ke sektor lain.

“Ketika pariwisata berhenti, otomatis sektor UMKM juga banyak yang tumbang. Karena mereka biasa dibeli wisatawan. Kalau wisatanya saja nggak jalan, mana bisa produk UMKM ini maksimal terjual,” jelasnya dalam talk show pariwisata dan UMKM di tengah pandemi bersama Radar Semarang kemarin (24/3/2021).

Tahun 2020, pendapatan yang diterima dari sektor ini hanya berkisar Rp 2 miliar. Padahal tahun sebelumnya pendapatan yang bisa diterima Pemkab mencapai angka Rp 5 miliar.

Baca juga:  Beras untuk Warga Terdampak Pandemi

Namun, ia tidak mau terlalu jauh meratapi hal tersebut. Ia mengajak seluruh pelaku wisata agar tetap optimistis. Kembali bangkit dan berjuang kembali untuk memajukan sektor pariwisata di Wonosobo. “Mari bangkit. Di saat seperti ini kita butuh orang-orang yang kreatif untuk terus mengembangkan usahanya,” jelasnya.

Mengingat Kabupaten Wonosobo terkenal dengan pariwisatanya. Baik wisata alam, budaya dan agamanya sehingga perlu terus dipertahankan dan dikembangkan. “Meski tanpa harus meninggalkan apa yang sudah selama ini kita gaungkan. Untuk terus hidup sehat. Dengan melaksanakan program 3 M itu,” bebernya. (git/lis)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya