alexametrics

Tak Bermasker di Tempat Umum, Siap-Siap Di-rapid Test

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang mengikuti kebijakan pemerintah pusat untuk memperpanjang Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Semula PPKM hanya dijadwalkan hingga 25 Januari, kini diperpanjang hingga 8 Februari 2021. Operasi yustisi pun akan terus digencarkan aparat berwenang.

“Saya kira kita akan menyesuaikan. Karena keputusan tersebut merupakan keputusan turunan dari pemerintah pusat,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di kantornya.

Bagi warga yang melintas di Jalan Veteran, ada perlakuan khusus. Mereka yang kedapatan tidak mengenakan masker, akan langsung di-rapid test antibodi. Agenda tersebut merupakan hasil kerjasama Satpol PP dengan Kesbangpol, layanan 119 Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Polres Batang.

Rapid test antibodi difasilitasi oleh layanan 119 dari Dinkes Kabupaten Batang. Tiap harinya menargetkan 50 orang untuk di-rapid test antibodi. Kegiatan itu mendapat dukungan dan partisipasi dari ormas. “Operasi ini program kebersamaan antara warga masyarakat dengan Pemkab Batang khususnya yang diampu Kesbangpol Kabupaten Batang. Yaitu dengan mengajak ormas, Banser, Kokam, dan Pemuda Pancasila,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Batang Akmad Fatoni

Baca juga:  26 CASN Terima SK, Gaji April Dirapel Mei

Ia menjelaskan, apabila hasil rapid test antibodi reaktif, warga akan langsung di-swab test di tempat. Setelah keluar hasil swab, bila hasilnya positif akan dikarantina.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Batang Rusmanto mengatakan, pencegahan Covid-19 ini harus melibatkan masyarakat. Karenanya, pihaknya mengajak ormas untuk ikut berpartisipasi. Ia berharap, partisipasi ormas dalam operasi perketatan PPKM bisa memelopori masyarakat untuk taat kepada peraturan.”Bagi ormas, ini untuk pembelajaran masyarakat. Tentu informasi tentang pentingnya menaati protokol kesehatan akan tersebar melalui media sosial,” ucapnya. (yan/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya