alexametrics

Vaksinasi Kota Magelang Februari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Vaksinasi Covid-19 Kota Magelang bakal dilaksanakan Februari mendatang. Jadwal ini sesuai ketentuan dari Pemprov Jateng. Kota Magelang dapat antrean setelah Kota Semarang, Kota Surakarta, dan Kabupaten Semarang yang terlebih dulu melaksanakannya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Magelang Yis Romadon menjelaskan, tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga pelayanan publik mendapat jatah vaksinasi gelombang pertama. “Tenaga pelayanan publik ini di dalamnya adalah para aparatur sipil negeri (ASN),” jelasnya Rabu (20/1/2021).

Vaksinasi gelombang dua periode April-Maret 2021. Sasarannya adalah masyarakat dengan usia 18-59 tahun. “Prioritas pertamanya adalah masyarakat yang rentang atau yang berada di wilayah dengan risiko penularan tinggi,” ujarnya.

Baca juga:  Jaring Warga yang Bandel Tak Pakai Masker

Selanjutnya, masyarakat lainnya dengan pendekatan klaster. Sesuai ketersediaan vaksin. “Usia 60 tahun ke atas akan divaksinasi setelah pusat mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk kelompok umur tersebut,” tambah Yis.

Sebelum itu, ada kegiatan pravaksinasi. Pihaknya memberi sosilasasi kepada ASN. Ia belum memastikan kapan pelaksanaannya. Namun diakui dalam waktu dekat. Atau setidaknya pada minggu ke-4 bulan Januari. “Kita akan sosialisasi dan pembentukan Kelompok Kerja Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Pokja KIPI),” bebernya.

Pokja KIPI ini dibentuk dengan tujuan untuk membuat kajian atau analisis. Serta memberikan rekomendasi sebagai tindak lanjut dari kasus KIPI. Faskes kasus KIPI adalah RSUD Tidar Magelang dan RST dr Soedjono Magelang.

Baca juga:  PSIS Bakal Jamu Arema di Magelang

Terkait pelaksanaan vaksinasi, pihaknya menyiapkan 19 unit faskes. Tujuh rumah sakit, lima Puskesmas, enam klinik, dan Balai Kesehatan Masyarakat (Balkemas). Adapun vaksinator dilakukan nakes yang telah mendapat pelatihan dari Satgas Covid-19 Jawa Tengah, masing-masing faskes sebanyak empat orang. (put/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya