alexametrics

Pemkot Salatiga Siapkan Tim Antisipasi Efek Samping Vaksinasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga –  Menjelang pelaksanaan vaksinasi secara nasional, Pemkot Salatiga menggelar simulasi. Mulai dari pengamanan kedatangan, penyimpanan dan pelaksanaan penyuntikan vaksin. Simulasi dilakukan di Puskesmas Cebongan. Selain itu, pemkot juga telah menyiapkan antisipasi efek samping vaksinasi.

Kepala DKK Kota Salatiga Siti Zuraidah mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kesiapan mulai dari membuat micro planning, SDM, sarana prasarana, penjadwalan hingga target sasarannya.

“Dinkes pun telah membuat Kelompok Kerja Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Pokja Kipi). Pokja tersebut terdiri dari para spesialis dan ahli hukum, untuk mengantisipasi jika terjadi dampak,” papar Zuraidah.

Simulasi dimulai saat kedatangan vaksin yang mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan Polres Salatiga. Dilanjutkan dengan proses penyimpanan CoolCin yang ada di Puskesmas Cebongan. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi penyuntikan vaksin kepada warga yang sebelumnya di-screening secara ketat. Apakah orang tersebut bisa dilaksanakan vaksinasi atau tidak.

Baca juga:  Vaksinasi Jateng Capai 40 Persen, Cilacap Terendah

Selesai simulasi Siti Zuaridah menyatakan, vaksin yang akan disuntikkan sudah melalui uji klinis, bersertifikasi dan sudah dalam pantauan BPOM. Selain itu juga sudah memastikan keamanannya untuk warga Salatiga.

“Untuk di tahap pertama, dengan sasaran tenaga kesehatan. Diharapkan nantinya 70 persen warga Kota Salatiga mendapatkan vaksin sinovac ini,” jelasnya.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto berharap pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan lancar dan aman. Tidak ada kendala apapun. “Satgas Covid Kota Salatiga telah melaksanakan sosialisasi dengan harapan masyarakat dapat menerima dengan baik,” ucap Yuliyanto.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat menjelaskan, Polres Salatiga bersinergi dengan TNI akan memberikan pengamanan penuh.

“Setiap dua jam sekali akan kita laksanakan patroli sambang di tempat penyimpanan vaksin Covid-19 khususnya di DKK Kota Salatiga,” tutur AKBP Rahmad Hidayat.

Baca juga:  UKSW Sinergikan Program Studi Vokasi

Selesai kegiatan simulasi Jajaran Forkopimda Kota Salatiga juga memberikan dukungan semangat kepada puluhan warga Salatiga yang terpapar Covid-19 yang melaksanakan Isolasi di Gedung Sinode Jalan Sukarno Hatta Kota Salatiga. (sas/zal) 

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya