alexametrics

Masyarakat Diminta Patuh, Melanggar Bakal Ditindak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SemarangPemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Semarang resmi berlangsung Senin (11/1/2021). Bertempat di halaman Balai Kota Semarang, Pemkot Semarang menggelar apel gabungan PPKM dengan melibatkan TNI dan Polri.

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Komandan Kodim 0733 BS/Semarang Kolonel (Inf) Yudhi Diliyanto. Dalam arahannya, Yudhi mengatakan, ketika daerah lain menetapkan PSBB, Kota Semarang membuat terobosan sebagai pionir adanya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) yang menjadi jalan tengah penanganan Covid-19 antara kepentingan medis dan ekonomi. “Ternyata langkah dari Pemkot Semarang ini, juga diadopsi di Jawa dan Bali,” katanya kemarin.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti menjelaskan, aturan mengenai pembatasan kegiatan selama PPKM sudah dituangkan dalam Peraturan Wali Kota Semarang Nomor 1 tahun 2021. “Sudah kami sosialisasikan Perwal ini melalui camat dan lurah serta melalui media sosial yang dikelola Pemerintah Kota Semarang,” jelasnya.

Baca juga:  845 Guru SD Magelang Divaksin

Ita, begitu ia disapa, menjelaskan, selama PPKM operasional mal dan pusat perbelanjaan diatur sampai pukul 19.00 WIB. Sementara kegiatan pertokoan, restoran, dan pedagang kaki lima (PKL) maksimal pukul 21.00 WIB. “Kami sudah memberi kelonggaran bagi pelaku usaha yang semestinya kapasitas 25 persen, masih ditoleransi 50 persen,” tabahnya.

PPKM yang akan dilakukan dua pekan ke depan, lanjut Ita, petugas juga akan melakukan operasi yustisi. Tujuannya adalah untuk mendisiplinkan protokol kesehatan agar tidak ada lagi kasus penularan virus Covid-19. Jika petugas mendapatkan atau menemukan masyarakat yang bandel tidak memakai masker, petugas akan melakukan tindakan tegas. “Kami harap selama dua minggu ini masyarakat semakin disiplin sosial distancing, pakai masker, dan cuci tangan, sehingga angka Covid-19 dapat turun secara drastis di Kota Semarang,” ucapnya. (den/ton)

Baca juga:  Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Setelah Dicerai Suami, Kini Ibunya Dituduh Mencuri dan Ditahan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya