alexametrics

Tak Boleh Sembarangan, ‘Rantai Dingin’ Vaksin Harus Terus Terjaga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – 62.560 dosis vaksin Sinovac telah tiba di Semarang. Meski begitu ‘merawat’ vaksin yang baru tiba dari Bandung itu tidak gampang.  Pengelolaannya harus hati-hati betul dan rantai dingin vaksin harus benar-benar terjaga.

“Istilahnya harus ada rantai dingin, mulai dari sini sampai ke Kabupaten/Kota, Puskesmas bahkan sampai ke orangnya harus menggunakan tempat khusus. Ini nggak boleh putus agar vaksinnya tidak rusak. Kami sudah siapkan pengelolaan dengan hati-hati sambil menunggu jadwal-jadwal kedatangan berikutnya,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo menambahkan, setelah kedatangan vaksin tahap pertama ini, pihaknya segera menata proses distribusi. Diharapkan dalam waktu singkat, vaksin dapat didistribusikan ke daerah.”Segera nanti kami distribusikan, dalam waktu 1-2 hari akan kami distribusikan ke Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Baca juga:  Pejabat Baru Jadi Duta Prokes

Persiapan di Kabupaten/Kota lanjut dia juga sudah matang. Rantai dingin vaksin sudah disiapkan termasuk vaksinator di masing-masing tempat juga sudah dilatih.”Semuanya sudah kami siapkan, jadi bisa langsung jalan termasuk rantai dinginnya karena vaksin ini harus disimpan dalam suhu 2-8 derajat. Untuk kedatangan vaksin selanjutnya, kami belum tahu jadwal datang lagi vaksinnya kapan, karena kebijakan itu dari pusat,” pungkasnya. (den/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya