alexametrics

Wisuda Virtual Gunakan Teknologi Animasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Unika Soegijapranata Semarang bakal menggunakan teknologi Augmented Reality dan Face Tracking Animation dalam wisuda 19Desember.

Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr Ridwan Sanjaya mengatakan dengan menggunakan Teknologi Augmented Reality dan Face Tracking Animation mahasiswa akan memiliki pengalaman berbeda yang akan dialami oleh wisudawan pada periode tersebut.

“Dengan kreativitas yang dibantu oleh kecanggihan teknologi maka Teknologi animasi Face Tracking Animation yang telah digunakan pada wisuda virtual pada periode lalu, akan ditambahkan dengan Augmented Reality (AR) sehingga membuat wisudawan semakin seakan-akan hadir dalam perayaan yang akan dialami, sekali dalam seumur hidup,” katanya.

Prof Ridwan menambahkan teknologi AR memungkinkan wisudawan untuk memindahkan kuncir wisudawan yang menandakan sudah sah diwisuda. “Kalau pada periode sebelumnya peristiwa ini wisudawan tidak ikut merasakan langsung karena hanya menyetor foto dan kemudian menonton video hasil face tracking animation di tempatnya masing-masing. Pada wisuda ini ingin menghadirkan momen di hadapan wisudawan secara langsung, dengan aplikasi Snapchat lens atau filter di aplikasi,” tambahnya.

Baca juga:  Jadi Pahlawan Tanpa Angkat Senjata

Teknologi tersebut juga mendapat perhatian Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) yang rencananya bakal memberikan penghargaan. Pimpinan sekaligus pendiri Leprid, Paulus Pangka mengatakan untuk rekor Prosesi Wisuda dengan Teknologi Augmented Reality dan Face Tracking Animation  merupakan satu-satunya proses wisuda yang tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lainnya. (hid/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya