alexametrics

Belly Dance dan Bahagia Tingkatkan Imun Tubuh

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Budaya hidup sehat pada masa Pandemi Covid-19 ini perlu terus dikampanyekan. Salah satunya dengan mengajak orang untuk berolahraga dengan riang gembira. Sebab bahagia dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Trie Susilowati mengajarkan tari perut atau lebih populer dikenal belly dance. Dikatakannya, belly dance juga bisa digunakan sebagai olahraga yang sehat dan membahagiakan.

“Kunci agar tubuh tidak terinfeksi virus ataupun jatuh sakit adalah dengan menjaga daya tahan tubuh,” katanya saat memberikan pelatihan belly dance di Sanggar Pinky Management Pegandon kemarin.

Imunitas tubuh seseorang dapat meningkat dengan cara mengelola tingkat stres. Jika memiliki beban stres tinggi, maka imunitas akan turun. Menurutnya, stres ini bisa dikurangi dengan melakukan kegiatan lain yang menyenangkan. “Olahraga teratur, salah satunya dengan melakukan latihan pernapasan,” tuturnya.

Baca juga:  19 Orang Terpapar, Separo Sudah Negatif

Belly dance selain melatih otot perut juga pernapasan. Sehingga dapat membakar lemak dan kalori berlebih. Terlebih belly dance juga tarian yang bisa digunakan olahraga yang membahagiakan. “Saat orang menari, maka ia akan bahagia karena diiringi musik. Jadi ketika bahagia daya tahan tubuh terjaga karena imun meningkat,” jelasnya.

Dikatakannya, telah banyak penelitian jika bahagia dapat meningkatkan imun tubuh. Malah, mereka yang murung dan stres, dalam arti tidak bahagia, memiliki risiko tiga kali lipat besar terserang virus daripada mereka yang bahagia. “Saya juga mengajarkan kepada peserta belly dance untuk memperbanyak asupan sehat. Seperti sayur dan buah-buahan. Dengan gaya hidup sehat, yakni  rutin berolahraga, asupan makanan sehat dan bahagia maka imun tubuh akan tetap terjaga. Sehingga tidak mudah tertular Covid-19,” jelasnya.

Baca juga:  Warga Karangayu Lakukan Gerakan Berjemur

Virus Corona menurutnya tidak akan hilang, yakni akan selalu ada. Namun ia meminta untuk tidak usah takut. Sebab ketakutan yang berlebih akan membuat tubuh rentan sakit karena imun tubuh melemah. “Ya dibuat bahagia, tertawa, menyanyi dan menari. Pokoknya hepi lah agar imun tubuh kita bisa meningkat,” imbuhnya. (bud/ton/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya