alexametrics

Vaksin Covid-19 Dalam Proses Uji Klinis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengaku berupaya melakukan riset untuk vaksin virus Korona. Beberapa universitas dan lembaga riset telah dilibatkan. Yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Semuanya telah menghasilkan formula vaksin Covid-19.

“Saat ini masing-masing vaksin yang telah dihasilkan dari peneliti sedang proses uji klinis. Yakni untuk diujicobakan terhadap hewan,” ujar Bambang saat meresmikan Taman Riset dan Inovasi di PT Kends UPVC di Jalan Lingkar Kaliwungu Kamis (26/11/2020).

Dikatakannya, dari hasil uji klinis pertama terhadap hewan ini, jika lulus maka triwulan pertama 2021, bibit vaksin Covid-19 sudah bisa diserahkan kepada Bio Farma untuk dilakukan uji klinis terhadap manusia. “Uji klinis terhadap manusia ini ada tiga tahap yang harus dilalui. Uji ini penting untuk mengetahui keamanan dan kemanjuran atau efektivitas vaksin tersebut,” jelasnya.

Baca juga:  Sedang Viral, Begini Penampakan Gubug Serut Semarang

Ia memperkirakan, paling lambat triwulan ke-4 pada 2021, vaksin karya anak bangs aini sudah bisa diproduksi secara massal untuk diberikan kepada masyarakat. “Tentunya setelah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” tuturnya.

Bambang meminta masyarakat untuk bersabar, saat ini pemerintah sedang berupaya keras. “Tentu kita ingin semuanya bisa cepat, tapi kami juga ingin memastikan vaksin Covid-19 ini aman dan efektif,” tambahnya. (bud/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya