alexametrics

Buat Face Shield, Salurkan ke Puskesmas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Tim pengabdian masyarakat program studi Terapi Gigi Program Sarjana Terapan Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang membagikan face shield untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Bulusan, Rowosari, Padangsari dan Srondol.

Ketua Pengabdian Masyarakat Salikun S.Pd M.Kes mengatakan, bantuan ini untuk mendukung gerakan pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Adapun output pengabdian masyarakat ini menghasilkan face shield. Alat ini buatan mahasiswa yaitu Feby Dian Mahaswati, Hilyatul Auliya, Dila Rizki Maulida, dalam menjalankan program pengabdian masyarakat. Mereka dibantu Gudang Mikon Banyumanik. “Pembuatan alat perlindungan ini menggunakan teknologi 3D printing,” katanya.

Salikun menjelaskan, headband face shield ini terbuat dari filament Polylactic Acid (PLA) yang memiliki keunggulan ramah lingkungan. Selain itu, kualitasnya juga bagus dan ideal. Model ini bisa digunakan warga yang memerlukan estetika. “3D Printer digunakan untuk mencetak headband face shield. Kemudian disatukan dengan mika penutup wajah,” katanya.

Baca juga:  Tembakau Gorila Diproduksi di Bandungan, Diedarkan hingga Papua

Lebih lanjut ia memaparkan, kinerja puskesmas tidak lepas dari peran aktif tenaga kesehatan dalam menangani pasien. Pembuatan face shield sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 ini disalurkan ke Kecamatan Tembalang dan Banyumanik.

Pihaknya berharap pengabdian masyarakat ini dapat berdampak pada peningkatan pengetahuan untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. “Semoga bisa terus berkolaborasi dengan bidang kesehatan. Salah satunya pembagian face shield yang dibuat dengan menggunakan 3D Printer,” imbuhnya. (ifa/bis//ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya