alexametrics

Alur Skema Pencoblosan Pilkada Aman dari Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Calon Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu (Mbak Ita) meyakinkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama pelaksanaan Pilwalkot Semarang. Karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang dan lembaga terkait sudah menyiapkan skema alur saat pencoblosan Pilkada yang aman dan nyaman.

“Untuk memastikan keamanan, petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) selalu dicek suhu tubuh dan dilakukan rapid test,” kata Mbak Ita saat menghadiri Deklarasi Pemenangan Hendi-Ita dan Konsolidasi DPD Partai Golkar Kota Semarang di Hotel Grasia, kemarin.

Tak hanya itu, setiap masyarakat yang akan memasuki area TPS wajib menggunakan hak pilihnya melalui prosedur protokol kesehatan yang ketat, seperti pengecekan suhu tubuh, memakai masker, hand sanitizer, dan tempat cuci tangan. Selain itu, jika ada masyarakat yang kedapatan bersuhu tubuh tinggi saat akan mencoblos, akan dialihkan ke TPS khusus.

Baca juga:  Gencarkan Operasi Yustisi, Remaja Nongkrong Dibubarkan

“Misalnya ada yang suhunya tinggi atau terpapar Covid-19 atau kendala lainnya, petugas akan datang ke lokasi tersebut dengan tetap menjalankan standar operasional prosedur (SOP),” tambahnya.

Terkait banyaknya anggapan melawan kotak kosong bakal menang mudah, Mbak Ita mengingatkan jangan lengah. Menurutnya, tingkat kesuksesan atau tolok ukur Pilkada tidak semata-mata menang, tapi tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kota Semarang tersebut.

“Karena kotak kosong ada nilainya. Maka, kami mewanti-wanti untuk selalu sosialisasi ke masyarakat dengan memberikan contoh yang baik dan benar,” pungkasnya.

Ketua DPD Golkar Kota Semarang Erry Sadewo berkomitmen all out memenangkan pasangan Hendi-Ita. Menurutnya, meski target secara umum Hendi-Ita 90 persen, maka di internal Golkar Kota Semarang lebih dari itu.

Baca juga:  Batasi Pengunjung Wisata 30 Persen

“Target internal kami 95 persen. Semua kader akan turun ke lapangan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada nanti. Termasuk pemberian 45 ribu masker dari kader muda Golkar Semarang,” tambahnya. (den/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya