alexametrics

Koperasi Terima Rp 25 Juta, Perajin Kayu Rp 3,5 Juta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Pemkot Magelang menggulirkan bantuan penguatan permodalan bagi koperasi masyarakat dan pengusaha kerajinan kayu yang terdampak Covid-19 dalam program stimulasi pemulihan ekonomi. Ada 10 koperasi dapat suntikan dana Rp 25 juta, sedangkan 35 perajin menerima bantuan pembelian bahan baku produksi senilai Rp 3,55 juta. Bantuan ini bersumber dari rekening Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Kota Magelang Tahun 2020.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo, koperasi yang mendapat bantuan ini memenuhi 10 hal yang dipersayaratkan Disperindang. Di antaranya memiliki aset paling banyak Rp 1 miliar. Koperasi masih beroperasi. Tidak kalah penting, perolehan sisa hasil usaha dalam posisi surplus per 31 Desember 2019. “Koperasi ini sebelumnya harus mengajukan permohonan bantuan permodalan koperasi,” ujarnya di sela penyerahan simbolis bantuan pemulihan ekonomi bagi koperasi masyarakat dan perajin, di Pendopo Pengabdian Rabu, (11/11).

Baca juga:  52 Pelanggar Prokes Sidang di Tempat

Stimulasi bagi koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan likuiditas dan pendapatan koperasi. Harapan bisa melayani anggota sesuai kebutuhan ekonominya.

Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Herwanto Tri S menyebut, terdata ada 235 koperasi aktif di Kota Magelang. 40 persen terdampak Covid-19, karena merupakan koperasi masyarakat. Meski kesulitan di tengah pandemi, koperasi-koperasi itu tidak ada yang gulung tikar. “Yang mengusulkan bantuan ini ada 30 koperasi, namun 10 koperasi yang memenuhi syarat,” sebutnya.

Sedangkan pengusaha kerajinan kayu di Kota Magelang dinilai memiliki banyak karyawan. Sehingga perlu mendapatkan tambahan permodalan, agar usaha berkelanjutan. Bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Memberikan dampak meluas, utamanya dalam pengentasan kemiskinan dan berkurangnya angka penangguran di Kota Magelang. “Bantuan ini untuk memberikan rangsangan kegiatan usaha produksi bagi pelaku usaha kerajian kayu,” ujarnya. (put/ton/bas)

Baca juga:  Punya Ketua Baru, GK Kawal Pilkada

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya