alexametrics

Berani Berbisnis di Masa Pandemi Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Keberanian Ratih Pratiwi mengembangkan bisnisnya di masa pandemi Covid-19 patut mendapatkan apresiasi. Ia mendirikan kafe. Launching pada Maret 2020, Ratih memberi kafenya dengan nama Soul Cafe.

Buka ketika pandemi Covid-19, Ratih langsung beradaptasi dengan protokol kesehatan (Prokes). Terutama standar menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M). Ia menyediakan wastafel dan sabun di depan kafe. Begitupun dengan hand sanitizer disediakan di setiap meja. Bahkan, Ratih menyediakan face shield untuk digunakan pengunjung apabila mendesak.

Sejak dibuka, Soul Cafe tidak pernah tutup dengan alasan pandemi Covid-19. Menurut Ratih, salah satu alasannya membuka kafe adalah untuk membangun kemaslahatan berbagai pihak. Selain untuk bisnis, ia ingin membuka lapangan pekerjaan. Termasuk menjadikan kafenya sebagai laboratorium kewirausahaan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim (FE Unwahas).

Baca juga:  Mas Bram Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Merapi

Ihwal pengunjung, sejauh ini jumlahnya masih standar. Namun, ada peningkatan, meski tidak signifikan. Kepada mahasiswa yang belajar di kafenya, Ratih pun menyampaikan bahwa omzet adalah urusan Tuhan. Tugas mereka adalah bekerja.

“Ini menarik sekaligus menantang. Karena bagaikan melatih pelaut di samudra bisnis yang bergelombang besar. Jika di saat pandemi saja kami mampu bertahan, apalagi di masa normal nanti? Kami harus menaklukkan badai ini,” kata Ratih kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (29/10/2020) siang.

Untuk menjaring konsumen, Ratih gencar melakukan promosi di media sosial. Selain itu, ia juga membangun kerjasama dengan perusahaan dalam penyediaan makan siang. “Di masa pandemi ini kami terbantu dengan pesanan-pesanan online,” kata Ratih. Terutama dari dinas-dinas yang mulai work from office (WFO) lagi. “Kami sering mendapat pesanan untuk acara rapat dinas,” pungkasnya. (cr3/ida/bas)

Baca juga:  Jaring Warga yang Bandel Tak Pakai Masker

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya