alexametrics

Operasi Zebra Titik Beratkan Prokes

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kendal kembali menggelar Operasi Zebra Candi 2020. Momen ini selain menyasar pelanggaran lalu lintas, juga akan menitikberatkan pada pelanggaran protokol kesehatan (prokes).

Kasatlantas Polres Kendal AKP Fiska Ananda mengatakan, Ops Zebra Candi 2020 ini akan digelar selama 14 hari ke depan. Terhitung sejak Senin (26/10/2020) kemarin, hingga Sabtu (8/11/2020) mendatang.

Makanya, ia mengimbau kepada pengguna jalan, khususnya kendaraan bermotor untuk melengkapi surat-surat kendaraan. Seperti SIM dan STNK. Selain itu mengenakan alat kelengkapan berkendara dengan menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), menyalakan lampu, mengenakan sabuk pengaman.

“Kami juga mengingatkan kepada pengendara untuk mematuhi protokol kesehatan. Yakni untuk selalu mengenakan masker dan memakai sarung tangan. Hal ini penting, demi menjaga keselamatan dan kesehatan bersama di tengah pandemi,” katanya, kemarin.

Baca juga:  Racer Kepompong Bersihkan Kantor DLH

Hal itu lantaran operasi Zebra Candi tahun ini dilakukan di tengah pandemi Covid- 19. Maka akan dilakukan bersamaan dengan operasi yustisi prokes. “Razia mandiri tidak dilaksanakan, hanya jika ada pelanggaran lalu lintas secara kasat mata akan kami tindak,” kata Kepala Urusan Administrasi dan Tata Usaha (Kaur Min TU) Ipda Deddy Mulyono.

Ia menjelaskan, operasi Zebra Candi 2020 akan dilaksanakan secara simultan selama 14 hari ke depan. Porsi kegiatan adalah 40 persen preemtif atau sifatnya edukasi dan sosialisasi, 40 persen preventif atau pencegahan berupa pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli. Sisanya 20 persen dilakukan penindakan dengan surat bukti pelanggaran (tilang).

“Untuk tindakan pelanggaran, hanya akan kami berikan pada pelanggar yang sifatnya sudah keterlaluan. Yakni terlihat kasat mata. Dimana membahayakan diri sendiri atau pengendara lain. Seperti tidak memakai helm, melawan arus, ugal-ugalan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan,” ujar Deddy.

Baca juga:  250 Mobil Hadir di Konser Drive In

Pada masa pandemi Covid-19 ini, Satlantas Polres Kendal juga memberikan sosialisasi protokol kesehatan. Seperti memakai masker saat berkendaraan. “Kami sudah pasang spanduk, pamflet dan poster serta media sosial agar warga selalu mengenakan masker saat keluar rumah,” tambahnya. (bud/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya