alexametrics

464 PKD Jalani Rapid Test

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal — Sebanyak 464 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) melakukan tes rapid masal. Tes ini dilakukan untuk memastikan petugas PKD dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Virus Korona (Covid-19). Tes rapid dilaksanakan di empat titik. Yakni kecamatan Limbangan, Ngampel, Sukorejo dan Kantor Bawaslu Kendal.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kendal Sri Wahyuning mengatakan, tes rapid ini adalah langkah awal deteksi virus dalam tubuh. Mereka yang reaktif akan dilaporkan Satgas Covid-19, untuk dilakukan tes swab atau usap tenggorokan.

Saat pelaksanaan tes rapid ada peserta yang takut untuk ditusuk jarum. Bahkan ketika jarinya akan ditusuk jarum untuk diambil sampel darahnya, salah seorang peserta lari. Tapi setelah dirayu petugas, yang bersangkutan akhirnya bersedia diambil darahnya.

Baca juga:  Ramaikan Kampung Wisata dengan Gerakan BISA

“Kami juga menekankan agar semua petugas PKD tetap mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat bertugas pengawasan,” kata Sri Wahyuning.

Salah satu anggota Sekretariat Panwascam Kecamatan Brangsong Mujiati mengaku baru sekali mengikuti tes rapid. Awalnya ia mengaku takut. Tapi melihat yang lain tidak ketakutan akhirnya ia memberanikan diri. “Ini wajib, dalam rangka kami memberikan rasa tenang kepada masyarakat. Bahwa petugas Panwascam dan PKD aman dan tidak menyebarkan Covid-19,” tambahnya. (bud)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya