alexametrics

Napi Lansia Rutin Jalani Posyandu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Narapidana lanjut usia (lansia) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang jalani program pos pelayanan terpadu (posyandu) lansia. Layanan ini dikhususkan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berusia lanjut.

Kalapas Semarang Dadi Mulyadi menjelaskan, posyandu lansia ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan lansia baik fisik maupun psikologis. Posyandu lansia menyediakan layanan kesehatan dasar, terutama yang bersifat preventif dan promotif untuk warga binaan berusia lanjut. “Sebab, WBP yang berusia lanjut lebih rentan terhadap penyakit,” ungkap Dadi Mulyadi.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19, kesehatan harus diutama. Dengan program ini, ia berharap kualitas hidup mereka bisa meningkat dan risiko terjadinya keparahan penyakit juga akan berkurang sehingga bisa hidup lebih tenang dan bahagia.

Baca juga:  Diterjang Angin, Atap Puluhan Rumah Hancur

Kegiatan ini diikuti 30 WBP lansia. Dimulai dengan senam dan olahraga ringan sesuai dengan kebutuhan. Senam dilaksanakan sekitar 30 menit, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh Tim dokter Klinik Pratama Lapas Semarang yang diketuai oleh dr. Adhi Yustiawan. Ia mengatakan, pemeriksaan dimulai dari keluhan yang dihadapi saat ini, tekanan darah, pemeriksaan gula darah sewaktu, kolesterol dan asam urat.

Salah satu peserta posyandu lansia, Joko, 61, mengaku sangat senang dan mengapresiasi kepada Lapas adanya program khusus lansia ini. Menurutnya, dengan hal ini kehidupan para napi sangat diperhatikan. (ifa/ton/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya