alexametrics

Pastikan Swab Test Gratis bagi Masyarakat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) semakin masif menyelenggarakan swab test. Dengan harapan, dapat mencegah merebaknya penularan Covid-19. Karena biayanya mahal, pemkot memberikan fasilitas gratis bagi masyarakat setempat.

Kepala Dinkes Kota Pekalongan Dr Slamet Budiyanto SKM MKes menjelaskan, sudah menyediakan biaya swab test sebesar Rp 1,5 miliar. Yang menggunakan APBD setempat. “Kami sediakan fasilitas swab test ini gratis,” jelas Budi, Rabu (14/10/2020).

Pemkot Pekalongan sendiri, tidak hanya menggalakkan swab test di kalangan ASN, baik tingkat dinas, kecamatan hingga kelurahan. Termasuk semua pihak, yang ingin mengikuti swab test gratis. Caranya mudah. Masyarakat yang berminat melakukan swab test gratis, bisa konfirmasi melalui RT atau RW masing-masing. Kemudian dilaporkan kepada kepala kelurahan. Dan pihak kelurahan yang akan mengusulkan ke Dinkes.

Baca juga:  Kasus Perdagangan Manusia Dibongkar, Korban Dipekerjakan sebagai ABK Tiongkok

Masyarakat yang ingin mendaftar wajib melampirkan dokumen data diri pendukung seperti fotokopi KTP atau KK. Data akan diinput di aplikasi, jadi nanti akan terdaftar. Masyarakat tinggal menunggu jawaban dari Dinkes apakah swab test akan dilakukan di masing-masing kelurahan secara kolektif di kecamatan, ataupun di Rumah Sakit Hermina. “Bagi masyarakat yang telah mendaftar akan diusulkan ke Dinkes, kemudian diberitahu kapan akan swab test,” jelasnya. (han/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya