alexametrics

Setiap Rumah Wajib Sediakan Kran Cuci Tangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal – Pemerintah Desa (Pemdes) Pucangrejo, Kecamatan Gemuh memiliki cara tersendiri untuk memerangi penularan Covid-19. Yakni dengan mewajibkan setiap rumah untuk menyediakan ember cuci tangan berikut sabunnya.

Kebijakan itu diberlakukan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, agar warganya mematuhi protokol kesehatan. “Kami tekankan kepada warga untuk selalu hidup bersih,” kata Kepala Desa (Kades) Pucangrejo Agus Riyanto.

Menurutnya, kampanye hidup bersih dan sehat dalam situasi pandemi Covid-19 ini sangat penting. Tujuannya, memberikan rasa aman kepada warganya dan membiasakan untuk selalu mencuci tangan.

“Hampir setiap kepala keluarga di halaman depan rumahnya disiapkan ember ataupun kran untuk cuci tangan. Bisa dari ember plastik, gentong ataupun panci yang penting ada sarana untuk cuci tangan,” tuturnya.

Baca juga:  Cegah Klaster Sekolah, SPMN 10 Semarang Swab Test Acak Siswa dan Guru

Dikatakan untuk penyediaan sarana cuci tangan sendiri sudah dilaksanakan di seluruh wilayah di Desa Pucangrejo sejak Agustus lalu. “Kami ingin lingkungan desa rapi dan bersih,” jelasnya.

Agus menambahkan, penerapan protokol kesehatan juga ditekankan di seluruh wilayah dalam kehidupan sehari-hari. Setiap ada kegiatan, warga selalu diingatkan untuk memakai masker dan menjaga jarak. “Prinsip kami tetap teguh dan patuh untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Pucangrejo Mukharor mengatakan pemdes juga ikut mendukung program dari kepolisian untuk mengampanyekan kebiasaan baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kebetulan Binmas Polres Kendal juga aktif memberikan edukasi kepada kita untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yakni wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” jelasnya. (bud/ida/bas)

Baca juga:  BPBD Sterilkan TPS Wilayah Zona Merah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya