alexametrics

Lakukan Tes PCR Ratusan Warga Tiap Minggu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – DPRD Kabupaten Temanggung meminta Pemkab Temanggung serius melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau swab test perseribu jumlah penduduk setiap minggunya. Menyusul semakin tingginya warga yang terpapar Covid-19.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Temanggung Titik Winarti meminta Pemkab Temanggung mempersiapkan tempat karantina dan bantuan bagi keluarga yang anggota keluarganya dikarantina/diisolasi. “Yang paling penting adalah ketika menemukan pasien positif Covid-19, segera lakukan isolasi mandiri. Pastikan benar-benar melaksanakan protokol kesehatan,” tuturnya.

Pihaknya berharap gugus penanganan Covid-19 benar-benar mengoptimalkan dan menegakkan protokol 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun). Seperti halnya dalam kegiatan pentas seni, hajatan di beberapa wilayah yang akhir-akhir marak.

Baca juga:  Satgas Covid Intensif Sasar Wisatawan

Anggota Fraksi PPP DPRD Kabupaten Temanggung Rahmat Fauzi menambahkan, dengan jumlah penduduk Temanggung 780.000 jiwa, setidaknya dalam satu minggu akan dilakukan tes PCR terhadap 778 warga Temanggung. Kendati begitu, harus diantisipasi jika terjadi penolakan warga. “Selain itu efek dari hasil tes PCR, jika ada yang positif, perlu ada kesiapan dan keseriusan penanganan. Baik secara preventif, kuratif dan rehabilitatif,” ucapnya

Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Temanggung Indah Cahyani merasa khawatir dengan angka penambahan Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir ini yang menunjukkan kenaikan signifikan. Bahkan, penularannya dari berbagai klaster. “Tentu ke depan akan ada penambahan angka yang signifikan. Fraksi Gerindra berharap ada kebijakan yang tepat dalam menyikapi ini. Pemanfaatan anggaran sisa belanja tidak terduga dapat dioptimalkan penggunaannya,” imbaunya.

Baca juga:  Penerima Vaksin Tak Boleh Langsung Donor

Sementara itu Bupati Temanggung M Al-Khadziq mengatakan, pihaknya akan melakukan tes PCR satu orang perseribu dalam satu pekan dari total penduduk Temanggung 780.000 jiwa.

Menurutnya, dengan memenuhi rasio satu per seribu ini, bisa benar-benar memotret situasi dan perkembangan Covid-19 di Temanggung. “Tes PCR dengan rasio ini akan dilakukan sampai ada perintah lanjutan, baik dari Gubernur Jateng, BNPB maupun dari Kemenkes RI,” ucapnya. (tbh/ida/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya