alexametrics

Operasi Digencarkan, Warga Mulai Sadar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Wonosobo – Satgas pencegahan penanganan Covid-19 Kecamatan Kalikajar, Wonosobo kembali lakukan sidak ke lapangan. Dengan menaikkan itensitas operasi, membuat warga banyak mulai sadar. “Operasi kali ini kita sebar di kawasan Pringapus, Desa Maduretno,” terang Camat Kalikajar Bambang Triyono Jumat (2/10/2020).

Operasi yang melibatkan forkompinca setempat itu menyasar para pengguna jalan di wilayah Kertek-Sapuran. Utamanya bagi mereka yang tidak mengenakan masker pelindung diri. Dari hasil kegiatan selama hampir tiga jam, ia menyebut ada 67 warga terjaring karena tak mengenakan masker. “Kami masih memberikan mereka masker, karena ini sifatnya imbauan secara persuasif,” terangnya.

Namun menurutnya, langkah persuasif ini tak akan berlangsung selama operasi berjalan. Ia menjelaskan dalam beberapa pekan ke depan, pihaknya juga akan mengambil langkah yang tegas jika warga tetap membandel.

Baca juga:  Tim Khusus Prokes Pantau Libur Akhir Tahun

“Perda soal Covid sudah kami sosialisasikan. Maka jika ini sudah diputuskan, penerapan sanksi administrasi akan mulai kita lakukan,” katanya.

Setelah diberikan edukasi untuk memahami pentingnya masker dalam pencegahan Covid-19, kepada warga tersebut Bambang memberikan masker sekaligus membantu memakaikan secara rapi dan benar.

Tak hanya itu, sejumlah petugas yang turut dalam operasi itu, juga mengedukasi warga perihal 3M. Yaitu memakai masker secara benar, mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, menjaga jarak aman interaksi sosial dan menjauhi kerumunan yang berpotensi menjadi media penularan Covid-19.

“Wilayah Kalikajar ini jumlah penderita Covid-19 secara akumulasi telah mencapai 85 orang. Sebanyak 52 telah dinyatakan sembuh, sementara 1 orang meninggal dunia,” ungkapnya.

Baca juga:  Enam Pelaku Empat Kejahatan Dibekuk

Jumlah tersebut tertinggi kedua di Kabupaten Wonosobo, sehingga pihaknya perlu menguatkan upaya pencegahan agar tak terus bertambah. Meski masih ada warga tak mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah, jumlah tersebut jauh menurun dibanding dengan operasi operasi sebelumnya.

Alhamdulillah dari pendataan petugas, ketaatan warga terhadap protokol kesehatan, khususnya dalam hal pemakaian masker mencapai 80 persen dan ini menguatkan semangat serta optimisme kita semua. Khususnya di wilayah Kalikajar akan bisa berhasil,” pungkasnya. (git/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya