alexametrics

Jalur Mutasi Masih Minim Peserta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Magelang – Hingga hari keempat penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK negeri tahun 2020 di Kota Magelang, jalur mutasi masih minim diisi calon siswa. Meski demikian, dimungkinkan jalur tersebut akan terisi sebelum penutupan PPDB pada 25 Juni.

“Sampai hari keempat, untuk Kota Magelang belum ada laporan kekurangan calon jumlah siswa. Masih dini mengatakan kekurangan calon siswa karena PPDB sampai 25 Juni. Karena jurnal masih terus bergerak. Untuk posisi sekarang sesuai kuota sudah penuh, hanya saja jalur mutasi yang masih belum penuh,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Magelang Sucahyo Wibowo Senin (22/6) saat dikonfirmasi.

Dari empat jalur yang ada, yakni zonasi, prestasi, afirmasi dan mutasi, hanya jalur mutasi yang belum full pendaftarnya. Untuk jalur zonasi dan prestasi, kata Sucahyo, sesuai jurnal terus bergerak.

Baca juga:  IKLAN BARIS 20 DESEMBER 2019

“Untuk jalur zonasi dan prestasi, secara jurnal langsung memverifikasi dan memeringkat. Ini bergerak, sesuai kuota yang tersedia di tiap sekolah. Untuk jalur mutasi, hampir seluruh sekolah belum full,” imbuhnya.

Sucahyo mengemukakan, sesuai SK Kepala Disdikbud Provinsi Jawa Tengah Nomor 4421.3/06356 tentang juknis PPDB SMA/SMK di Provinsi Jawa Tengah Tahun Ajaran 2020/2021 jalur zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, mutasi 5 persen, dan jalur prestasi 30 persen. Ketentuan ini, disesuaikan dengan kuota atau daya tampung jumlah siswa SMA yang dimaksud.

Sucahyo merinci, untuk kuota/daya tampung yang tersedia di masing-masing sekolah, antara lain SMAN 1 Magelang untuk daya tampung peminatan MIPA tersedia 216 siswa dengan sebanyak enam rombel dan peminatan IPS tersedia 139 siswa dari empat rombel.

Baca juga:  IKLAN BARIS 8 MEI 2020

Lalu SMAN 2 Magelang untuk daya tampung peminatan MIPA tersedia 180 siswa dengan sebanyak lima rombel dan peminatan IPS tersedia 108 siswa dari tiga rombel. Kemudian SMAN 3 Magelang daya tampung peminatan MIPA tersedia 180 siswa dengan sebanyak lima rombel dan peminatan IPS tersedia 107 siswa dari tiga rombel.

“Untuk SMAN 4 Magelang untuk daya tampung peminatan MIPA tersedia 136 siswa dengan sebanyak empat rombel, peminatan IPS tersedia 136 siswa dari empat rombel, dan peminatan bahasa budaya tersedia satu rombel dengan 34 siswa. Kemudian SMAN 5 Magelang daya tampung peminatan MIPA tersedia 144 siswa dengan sebanyak empat rombel dan peminatan IPS tersedia 178 siswa dari lima rombel,” imbuh Kepala SMAN 5 Magelang ini.

Baca juga:  Rumah Pembuat Petasan Digerebek, Sudah Produksi Selama Lima Tahun

Saat disinggung mengenai proses PPDB, Sucahyo mengaku mulai hari ini (kemarin, Red) sekolah sedang melakukan verifikasi baik jalur afirmasi dan mutasi kepada para calon siswa. “Dalam hal jumlah calon peserta didik pada jalur perpindahan tugas orang tua/wali tidak mencapai 5 persen, maka sisa kuota dialihkan ke jalur zonasi,” imbuhnya. (had/lis/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya