alexametrics

Manajemen ATM Mewujudkan Sekolah Sehat Berkarakter

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan nasional bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi warganegara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab (Depdiknas:2003).

Menjadikan anak yang sehat, diawali dari sekolah yang sehat. Yaitu sekolah yang berhasil membantu peserta didik berprestasi secara maksimal. Dengan mengedepankan aspek kesehatan, antara lain sekolah yang bersih, indah, hijau, rindang dengan peserta didik yang sehat dan bugar serta senantiasa hidup bersih dan sehat.

SMP Negeri 2 Pekalongan sebagai sekolah sehat, melakukan proses pembelajaran untuk mewujudkan warga sekolah yang sehat dan berkarakter. Hal ini dipenuhi lewat pendidikan kesehatan yang bersifat pengajaran untuk menambah pengetahuan serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah tanpa mengubah kurikulum yang berlaku secara nasional.
Mewujudkan sekolah sehat berkarakter dilakukan dengan strategi manajemen ATM (Ajak Temani, Mandiri) yang diterapkan kepala sekolah. Manajemen ATM, sebenarnya merupakan adopsi dan modifikasi dari Sistem Among dalam Sekolah Taman Siswa yang diciptakan oleh Ki Hajar Dewantara.
Model konseptual Ajak, Temani, dan Mandiri merupakan modifikasi dari semboyan “Ing Ngarsa sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani.”

Baca juga:  Fisioterapis Profesional Masih Terbatas

Ketika kepala sekolah meng-Ajak, maka semua yang diprogramkan dan telah disosialisasikan, akan diberikan contoh implementasi bagaimana melaksanakan dengan prinsip saling asah, asih, asuh untuk menciptakan hubungan yang harmonis antarwarga sekolah.

Misalnya, program pembiasaan cuci tangan dengan sabun. Pelaksanaannya menyediakan fasilitas cuci tangan di setiap titik strategis yang mudah dijangkau peserta didik dan warga sekolah. Dilengkapi air yang cukup dan tersedia sabun serta petunjuk tata cara mencuci tangan yang benar. Di sudut sekolah dipasang poster ajakan mencuci tangan setiap setelah melaksanakan aktivitas.

Konsep Temani atau mendampingi dapat diwujudkan dengan strategi membagi kegiatan dalam kelompok kerja (pokja). Masing-masing menangani lini-lini strategis dalam pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pemenuhan sarana dan prasarana kesehatan di sekolah.

Baca juga:  IKLAN BARIS 9 JUNI 2020

Tiap koordinator pokja mendampingi peserta didik dalam melaksanakan interaksi pembelajaran dan bekerja secara kolaboratif dengan project based learning. Misalnya program pungut sampah, dikolaborasikan dengan program pilah sampah hingga program bank sampah atau program 3R sampah (Reduce, Reuse, Recycle). Sehingga sekolah senantiasa bersih dan sehat.

Perilaku hidup bersih dan peduli lingkungan dilakukan dengan pendampingan, atau dengan prinsip Temani. Dengan prinsip ini, wali kelas dan guru mata pelajaran melakukan pembiasaan pada kelas masing-masing. Ketika program sudah berjalan, maka proses Temani dilakukan dengan pendampingan, pementoran dan atau menjadi sparing partner, agar pelaksana tetap bersemangat.

Selanjutnya konsep mandiri atau kemandirian dalam manjemen ATM ini menjadi tujuan pembiasaan dalam mewujudkan sekolah sehat berkarakter. Dengan memanfaatkan disrupsi teknologi pada masa darurat seperti sekarang ini, kemandirian menjadi sangat penting. Peserta didik dan warga sekolah harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan Works from Home.

Baca juga:  IKLAN BARIS 24 JUNI 2020

Kemandirian yang ditanamkan tetap mengedepankan prinsip dan kebiasaan hidup sehat, mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas.

Melaksanakan adab ketika batuk atau bersin. Dengan prinsip Ajak, Temani, Mandiri dalam pengelolaan manajemen sekolah mampu menumbuhkan karakter kemandirian sekolah bagi seluruh warga sekolah. Serta pelibatan komite sekolah, orang tua serta alumni sehingga pencapaian visi dan misi sekolah sehat berkarakter dapat terwujud. (pkl1/lis)

Kepala SMP Negeri 2 Pekalongan, Kota Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya