alexametrics

Persiapkan PPDB Online, Minimalisir Keluhan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK di Jateng 2021 harus disikapi dengan sigap. Sebab, dalam uji coba yang sudah dilakukan cukup banyak kendala yang dialami oleh calon siswa maupun orang tua calon siswa. Apalagi pendaftaran PPDB akan dimulai pada 21 Juni 2021.

“Saat uji coba, banyak kendala dan keluhan yang terjadi seperti tidak bisa akses PPDB Online. Ini harus menjadi perhatian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng,” kata Anggota Komisi E DPRD Jateng Yudi Indras Wiendarto.

Ia menambahkan, banyak orang tua yang resah dan khawatir. Sebab, dalam praktiknya masih banyak yang terkendala pendaftaran di SMA/SMK, karena terkendala sistem. Misalnya NIK tidak terdaftar karena ada perubahan data di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) siswa. “Kondisi ini membuat mereka tak bisa masuk dalam sistem pendaftaran online PPDB,” ujarnya.

Baca juga:  Bakal Jadi Sentra Kuliner, 30 Lapak PKL Kariadi Dibongkar

Anggota Fraksi Gerindra DPRD Jateng ini meminta Disdikbud Jateng tanggap dengan persoalan yang ada. Sistem harus bisa benar-benar bagus dengan SDM yang sigap. Masih cukup waktu untuk bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistem jelang pendaftaran. “Sistem harus lebih disiapkan. Jangan sampai ada siswa yang tidak bisa mendaftar gara-gara sistemnya,” tambahnya.

Selain itu, kemampuan bandwidth harus diperkuat. Selain itu, PPDB juga harus memberikan akses bagi keluarga miskin. Baik mereka yang berprestasi baik maupun yang kurang. “Pendidikan untuk semua anak. Karena itu merupakan amanat undang-undang,” tambahnya.

Sesuai jadwal tahapan PPDB Jateng 2021, proses pendaftaran dibuka pada 21 Juni 2021. Ketika mendaftar, Calon Peserta Didik (CPD) terlebih dulu mengakses situs publik PPDB dengan alamat ppdb.jatengprov.go.id. Melalui laman tersebut, juga disampaikan informasi lengkap mengenai jadwal hingga alur pendaftarannya. Untuk SMA melalui beberapa jalur pendaftaran. Di antaranya melalui jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi, hingga jalur perpindahan tugas pekerjaan orang tua. (fth/ida)

Baca juga:  Hendi: Semoga Peta Permasalahan Pilkada sebatas Simulasi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya