alexametrics

Jalan Tol Semarang-Demak Harus Sesuai Target

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Komisi D DPRD Provinsi Jateng mendorong pengerjaan proyek Jalan Tol Semarang-Demak sesuai target, yakni November 2024. Sebab keberadaan jalan tol tersebut selain untuk mengurai kemacetan, juga meminimalisasi terjadinya banjir yang kerap melanda wilayah di kawasan Kaligawe (Kota Semarang) dan sebagian Sayung (Demak).

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri seusai meninjau lokasi pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak seksi I di Kecamatan Sayung, Demak, Senin (14/6/2021) kemarin. Pembangunan tersebut meliputi panjang jalan mencapai 26,7 km.

Saat ini, jelasnya, perkembangan pembebasan lahan proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak seksi I di Kecamatan Sayung, baru mencapai 2,29 persen. Pada seksi II Sayung-Demak untuk pembebasan lahan sudah sampai 56 persen.

Baca juga:  DPRD Kabupaten Magelang Dorong Perda Retribusi RSUD Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

“Pengerjaan Tol Semarang-Demak bukanlah investasi, namun langsung dari Pemerintah Pusat. Karena itu, kami berharap dapat selesai sesuai target yang telah ditentukan, yakni November 2024,” kata anggota Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Sementara itu, Kementerian PUPR Ditjen Bina Marga Jalan Nasional Yusrizal mengatakan, untuk pembebasan lahan di ruas seksi I ditargetkan sampai Desember tahun 2021, dan seksi II ditargetkan sampai November 2021. “Kalau pembebasan selesai tepat waktu, sesuai dengan target, maka pengerjaan fisik diperkirakan rampung pada 2024,” katanya.

Untuk penanganan banjir, jelasnya, menggunakan sistem polder. Yaitu adanya dua buah kolam retensi yakni kolam retensi Terboyo dan kolam retensi Sungai Sriwulan. Dilengkapi pula sarana fisik yang satu kesatuan dengan pengelolaan tata air. Meliputi sistem drainase kawasan, kolam retensi, tanggul keliling kawasan, pompa, dan pintu air. “Manajemen sistem tata air dilakukan dengan mengendalikan volume, debit, muka air, tata guna lahan dan lansekap pada area kota semarang dan sekitarnya,” katanya. (rls/ida)

Baca juga:  Kutuk Kekerasan, Ajak Masyarakat Percayakan Pengusutan Kasus ke Polri-TNI

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya