alexametrics

Laporan Penggunaan Dana Refocusing Harus Rinci

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – DPRD Jateng memberikan sejumlah rekomendasi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Jateng untuk Tahun Anggaran 2020. Salah satunya, laporan penggunaan dana refocusing harus lebih rinci.

Ketua Pansus LKPj Gubernur 2020 DPRD Jateng, Sriyanto Saputro menuturkan pandemi Covid-19 memang memberikan pekerjaan rumah yang berat bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Pasalnya ekonomi tumbuh melambat. Hal ini menyebabkan angka kemiskinan dan pengangguran meningkat tajam.

“Pertumbuhan ekonomi turun mencapai -2,65 tahun 2020 lalu,” ujarnya pada Rapat Paripurna, Senin (3/5/2021) mendatang.

Pihaknya memahami hal tersebut. Hanya saja, tidak boleh berlarut-larut. Pihaknya memberikan rekomendasi terhadap LKPj Gubernur tahun 2020 lalu, untuk mempercepat pemulihan ekonomi di tahun yang akan datang.

Baca juga:  Ketenagakerjaan, Dewan Belajar Kebijakan di Mataram

Catatan tersebut antara lain perlu adanya penyelarasan program kerja pemerintah dengan RPJMD. Mengingat tahun lalu capaian kinerja yang dicapai belum mencerminkan target RPJMD. Perlu adanya pengakselerasian pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta perlu adanya kajian strategis anggaran refocusing, sehingga penggunaannya tepat sasaran.

“Dalam LKPj 2020 ini laporan penggunaan anggaran refocusing tidak terperinci. Untuk tahun berikutnya tidak boleh terulang kembali ada satu rupiah dana yang digunakan pemerintah tapi tidak terlaporkan dalam LKPj,” lanjutnya.

Pihaknya juga mendorong optimalisasi kinerja BUMD dan aset daerah. Untuk meningkatkan penerimaan PAD tahun ini. “Kami mendorong perbaikan tata kelola pemerintahan. Sebagai wujud reformasi birokrasi,” pungkasnya.

Setelah mendengar rekomendasi pansus, Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto, meminta persetujuan kepada anggota dewan. “Apakah rancangan keputusan DPRD mengenai rekomendasi DPRD terhadap LKPj dapat disetujui?” tanya Politikus PDI Perjuangan itu.

Baca juga:  Terdampak Pandemi, Persentase Penduduk Miskin Naik

Oleh 57 anggota dewan yang hadir langsung dan 33 lainnya virtual serentak menyatakan setuju. Setelahnya keputusan DPRD tersebut diserahkan kepada Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen yang mewakili Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (akm/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya