alexametrics

Bangun Kebersamaan dengan Pemerintah Daerah, Satukan Persepsi Membangun Demak

Pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Demak Masa Bhakti 2019-2024

Artikel Lain

 

Pimpinan DPRD Kabupaten Demak masa bhakti 2019-2024, Rabu (2/9) kemarin secara resmi dilantik. Kegiatan pelantikan yang berlangsung di gedung DPRD Demak Jalan Sultan Trenggono tersebut diiringi pengucapan sumpah jabatan.

WAHIB PRIBADI, RADARSEMARANG.ID

Peresmian pengangkatan pimpinan dewan (pimwan) dikemas dalam rapat paripurna istimewa. Sidang paripurna dipimpin langsung Ketua sementara DPRD Demak H Fahrudin Bisri Slamet dan Wakil Ketua sementara Zayinul Fata. Adapun prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Ketua Pengadikan Negeri (PN) Demak.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pada pasal 165 ayat (5) disebutkan, bahwa Pimpinan DPRD kabupaten/kota sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji yang teksnya sebagaimana dimaksud dalam pasal 157 dipandu oleh ketua pengadilan negeri,”kata Slamet. Formasi pimwan yang dilantik adalah Ketua DPRD H Fahrudin Bisri Slamet (dari Fraksi PDI Perjuangan). Kemudian, selaku Wakil Ketua adalah Zayinul Fata (dari Fraksi PKB), H Masykuri (Fraksi Gerindra) dan Nur Wahid (Fraksi Golkar).

Baca juga:  DPRD Kabupaten Magelang Dorong Optimalkan Jaring Pengaman Sosial di APBD 2021

Slamet menyampaikan, pelantikan pimwan tersebut juga mendasarkan Surat Keputusan Pimpinan DPRD Kabupaten Demak Nomor 13/PIM.DPRD/2019, tanggal 25 September 2019 tentang Jadwal Kegiatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Demak Tahun 2019 dan surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor  170/108 Tahun 2019, tanggal 24 September 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Demak Masa Jabatan 2019-2024. “Maka agenda rapat paripurna hari ini adalah menindak lanjuti keputusan gubernur sebagaimana dimaksud,”ujarnya.

Pelantikan pimwan berlangsung dalam suasana yang sejuk, aman dan tentram. Usai pimwan tersebut dilantik, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan tiga anggota DPRD lainnya yang sebelumnya tertunda lantaran pergi ibadah haji. Yaitu, H Farodli (dari Partai Amanat Nasional), Jayadi (dari Partai Gerindra) dan Nur Susaktiyo (dari PKB). Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dimpin Ketua DPRD Demak H Fahrudin Bisri Slamet.

“Semoga keadaan yang sudah baik dan penuh kedamaian ini selalu menyertai kita dan dapat terus dibina dan dilestarikan,”katanya.  Menurutnya, DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat dengan pemerintah daerah merupakan mitra kerja, utamanya dalam melaksanakan tugas di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. “Dengan kondisi seperti ini, maka kita harapkan kemitraan ini dapat berjalan secara serasi dan seimbang. Oleh karena itu, saya mengajak semua marilah kita tingkatkan kebersamaan, rapatkan barisan dan satukan persepsi dalam membangun Kabupaten Demak yang kita cintai ini,”ungkap Slamet saat membacakan sambutannya dihadapan para tamu undangan baik dari legislatif maupun eksekutif.

Baca juga:  Warga Desa Karangrejo Berharap Ganti Rugi Tanah Tol Diatas Rp 650 Ribu Permeter

Dia menambahkan, pihaknya mewakili segenap anggota DPRD berkomitmen untuk meneruskan program pembangunan daerah yang sesuai dengan visi misi daerah sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Demak Tahun 2016-2021.

“Ini sekaligus kita ingatkan untuk segenap anggota DPRD agar bekerja secara sungguh sungguh dalam melakukan tugas dan fungsinya, khususnya dalam pengawasan pelaksanaan anggaran, penyusunan dan penetapan perda  serta menampung dan memperjuangkan aspirasi rakyat Kabupaten Demak. Tentu, ini sesuai dengan harapan kita bersama. Yaitu mewujudkan masyarakat Demak yang lebih sejahtera,”katanya. Pihaknya meyakini  dan percaya bahwa itu akan terwujud manakala DPRD dan Pemerintah Daerah bersinergi serta bekerjasama dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Bupati Demak HM Natsir dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan pimwan DPRD Demak tersebut menjadi sarana pengingat terkait dengan tugas pokok DPRD yaitu sebagai penyalur aspirasi rakyat. “Karena itu, mari kita bersama sama berjuang untuk kepentingan rakyat. Ini penting. Sebab, rakyat memiliki kedaulatan tertinggi dalam demokrasi modern. Artinya, kepercayaan yang telah diberikan masyarakat harus dibuktikan dengan kinerja yang baik dan bertanggungjawab. Jujur, murni dan bermuara pada kesejahteraan rakyat,”katanya.

Baca juga:  Ketua DPRD Kabupaten Magelang Bukakan Pintu Gerbang untuk Pengunjuk Rasa

Bupati berharap, ada hubungan timbal balik yang positif antara eksekutif dan legislatif. “Sehingga ada kesamaan visi dalam melakukan kegiatan pembangunan. Hubungan yang sudah baik kita tingkatkan lagi lebih berkualitas. Kita tingkatkan komunikasi, koordinasi dan konsultasi demi terwujudnya Demak yang agamis, sejahtera dan mandiri, maju serta kompetitif,” katanya. (*/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya