alexametrics

Guru Naik Pangkat dengan Artikel Populer

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PELATIHAN penulisan artikel populer di media massa bagi guru terus digulirkan oleh Jawa Pos Radar Semarang. Pelatihan ke-58 kali ini digelar di ruang laboratorium IPA SMP Negeri 2 Bukateja, Kabupaten Purbalingga.

Ketua panitia pelatihan Anto Kuswoyo mengatakan, pelatihan diikuti para guru tidak hanya dari Kabupaten Purbalingga, tapi juga dari luar daerah. Seperti Purwokerto, Purworejo, Pemalang, Kabupaten Pekalongan, dan Banjarnegara.

“Ini pelatihan pertama yang kami gelar di Purbalingga. Alhamdulillah para guru sangat antusias,” ujar guru TIK SMP Negeri 2 Bukateja ini.

Pelatihan yang dimulai pukul 08.00 itu menghadirkan narasumber Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto dan divisi online Radarsemarang.id, Tasrofi.
Arif menjelaskan tentang strategi dalam penulisan artikel ilmiah populer guru yang akan dipakai untuk penilaian angka kredit (PAK).

Baca juga:  Dewan Fokus Inventarisasi Aset

“Sekarang buat naik pangkat bisa menggunakan artikel populer dalam pemberkasan PAK. Kalau selama ini guru kan fokusnya membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK),” kata dia.
Dengan artikel populer, guru yang berada di golongan IIId ke bawah bisa lebih mudah naik pangkat. Terutama dalam memenuhi persyaratan nilai Publikasi Ilmiah (PI). “Golongan 3d ke bawah kan belum wajib pakai PTK. Jadi manfaatkan artikel populer buat naik pangkat,” ujarnya.

Dalam pelatihan itu, peserta yang semula bingung hendak menulis apa, mulai mendapatkan pencerahan. Rakhmi Oktarini misalnya. Guru bahasa Inggris SMA Negeri 1 Bobotsari itu pun langsung menemukan judul artikel yang akan ditulis.

“Saya akan menulis artikel populer berjudul Belajar Fun Grammar dengan Chinese Whispers. Sedangkan artikel kedua berjudul Belajar Speaking Efektif dengan Metode Think Pair Share,” katanya. (aro)

Baca juga:  Dewan Sepakati Kebijakan Anggaran Tahun 2022

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya