alexametrics

Peringati HUT Korpri, Balkesmas Wilayah Ambarawa Gelar Donor Darah Massal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, AMBARAWA – Dalam rangka memperingati HUT KORPRI ke-48, yang tahun ini mengambil tema “Berkarya, Melayani, dan Menyatukan Bangsa”, Balkesmas Wilayah Ambarawa, sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, ikut berpartisipasi dalam memperingati HUT KORPRI, dengan menggadakan kegiatan Donor Darah, yang diikuti ratusan anggota club senam Gardenia , siswa SMAN 1 Ambarawa, SMKN 1 Bawen, SMA Islam Sudirman & SMK Islam Sudirman, Ambarawa dan pegawai Balkesmas Wilayah Ambarawa sendiri.

Peserta donor sangat antusias mengikuti kegiatan yang di gelar di ruang POSBINDU AVICENA Balkesmas wilayah Ambarawa tersebut. Terbukti dengan berjubelnya Siswa-siswi SMA dan SMK ini sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat dengan berjubelnya antrian pengecekkan kesehatan oleh tim PMI Cabang Ambarawa, sebelum dinyatakan memenuhi syarat mendonorkan darah.

Baca juga:  PT KIW Sabet Bronze Winner 2nd Revolusi Mental Awards 2019

Di sela-sela kegiatan donor darah, tim Balkesmas wilayah Ambarawa memberi penyuluhan, khususnya mengenalkan hidup sehat kepada siswa SMA, agar sedini mungkin mengikuti kegiatan donor darah. Karena donor darah yang rutin, tidak hanya menyelamatkan nyawa penerima donor, namun juga memberi manfaat bagi si pendonor. Manfaat itu menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diantaranya diantaranya, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius dan membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia.

Selain itu, Balkesmas Wilayah Ambarawa juga mulai mengenalkan pada masyarakat untuk ramah terhadap lingkungan, Hal ini diwujudkan dengan tidak adanya pembungkus plastik untuk snack yang dibagikan bagi para peserta yang mengikuti kegiatan ini. Menu snack yang disajikan juga merupakan menu GERMAS yaitu arem-arem, jajan pasar dengan pembungkus daun dan buah pisang. Snack ini menggunakan wadah tas yang berbahan Koran bekas. Minuman bagi pengunjungpun tidak menggunakan botol atau gelas plastik, tapi menggunakan gelas berbahan kertas atau dapat mengambil minuman dengan menggunakan botol minum masing-masing peserta donor. Ini merupakan salah satu upaya Balkesmas Wilayah Ambarawa mengurangi sampah plastik.

Baca juga:  Kajari dan Kapolres Semarang Beri Materi di PKPA FERARI Jateng

Balkesmas Wilayah Ambarawa berharap kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bagi masyarakat maupun kaum pelajar untuk dapat berbagi dengan sesama dengan melakukan donor darah.

“Darahmu menyelamatkan keluargamu, saudaramu, teman-temanmu, kekasihmu, bahkan dirimu sendiri”. Ayo Donor Darah, Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga!! (Tim Balkesmas wilayah Ambarawa/web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya