alexametrics

Bina Empat Kecamatan Sekaligus, Balkesmas Ambarawa Optimis Merintis Kader Kesehatan Berkualitas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, AMBARAWA – Dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional khususnya di bidang kesehatan, bentuk pelayanan lebih diarahkan pada prinsip bahwa masyarakat bukanlah obyek, melainkan subyek dari pembangunan itu sendiri. Pembinaan kader kesehatan merupakan salah satu upaya Balkesmas wilayah Ambarawa dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat. Karena itu, Balkesmas wilayah Ambarawa bekerjasama dengan empat puskesmas, yaitu Puskesmas Bandungan, Puskesmas Ambarawa, Puskesmas Bawen, dan Puskesmas Bergas membentuk kader kesehatan tiap kecamatan.

Lansia di ajak senam bersama tim kesehatan Kecamatan Bandungan, untuk tetap aktif bergerak meski usia sudah lanjut. (Foto: Tim Balkesmas wilayah Ambarawa).

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dari kader kesehatan kecamatan Bergas adalah promosi pengurangan sampah plastik. Kader kesehatan bersama Puskesmas Bergas mengajak anak-anak sekolah untuk sarapan pagi bersama di alam terbuka dan menggunakan alat makanan non plastik.

Baca juga:  Apoteker Balkesmas Ambarawa Sosialisasikan DAGASIBU
Tim Medis Balkesmas wilayah Ambarawa aktif turun ke lapangan, memberi sosialisasi hidup sehat ke masyarakat dan kader kesehatan. (Foto : Tim Balkesmas wilayah Ambarawa).

Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah posyandu lansia dan pelaksanaan senam lansia. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kader kesehatan dari Kecamatan bandungan. Didampingi petugas dari Puskesmas Bandungan, para kader begitu aktif dalam melaksanakan senam bersama dan posyandu lansia. Hal ini mereka lakukan karena banyaknya lansia di kecamatan Bandungan yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang memadai.

Balkesmas wilayah Ambarawa berkolaborasi dengan empat kecamatan sekaligus membentuk kader kesehatan berkualitas. (Foto : Tim Balkesmas wilayah Ambarawa)

Kader kesehatan dari Kecamatan Ambarawa dan Bawen pun juga tidak mau kalah. Mereka melaksanakan program jumantik sebagai salah satu pencegahan penyakit demam berdarah. Pembangunan kesehatan harus mengikutsertakan masyarakat secara aktif dan bertenggung jawab. Kader kesehatan adalah tenaga sukarela yang berasal dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berperan dalam membantu pelayanan kesehatan masyarakat. Kader kesehatan merupakan kelompok orang yang dianggap paling dekat dengan masyarakat.

Baca juga:  Dokter Balkesmas Ambarawa Ciptakan Senam Cegah Watuk

Balkesmas wilayah Ambarawa mengharapkan kegiatan pemberdayaan kader ini dapat memberikan kontribusi, terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Hal ini dimulai dari lingkungan terdekat Balkesmas, dan nantinya diharapkan dapat terbentuk kader-kader kesehatan di tingkat kecamatan pada seluruh wilayah kerja Balkesmas Ambarawa. (Tim Balkesmas Wilayah Ambarawa/web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya