Peringati HKN, Balkesmas Wilayah Ambarawa Kampanye Germas di Terminal Bawen

422
SENAM BARENG: Warga, kader kesehatan, karyawan terminal Bawen dan tim Balkesmas wilayah Ambarawa antusias mengikuti senam Gardenia yang di gelar di halaman terminal Bawen. (Ist)

RADARSEMARANG.ID, AMBARAWA – Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN), yang jatuh 12 November 2019, Balkesmas Wilayah Ambarawa melaksanakan rangkaian kegiatan untuk masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah senam bersama dan pemeriksaan kesehatan yang di gelar di Terminal Bawen, dengan menggandeng Kementerian Perhubungan. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Balkesmas Ambarawa, Ibu Riptieni Tri Lutiarsi, SKM, M.Kes,

“Ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyambut HKN yang ke-55, Balkesmas wilayah Ambarawa berkomitmen kuat bersama-sama membentuk generasi yang sehat dan kuat, sehingga dapat mewujudkan Indonesia Unggul” tutur Riptieni.

Kegiatan yang berlangsung meriah inipun mendapat respon positip dari Kementerian Perhubungan, dalam hal ini koordinator Terminal Tipe A Bawen, Much Rokhim. Dia menyambut baik kegiatan yang dapat menunjang kesehatan Karyawan di Terminal Bawen.

Tim Balkesmas wilayah Ambarawa dan pengurus terminal Bawen berkolaborasi mengkampanyekan Germas dilingkungan terminal Bawen. (Ist)

“Sangat senang tentunya ada kegiatan kesehatan dilingkungan kami oleh teman-teman Balkesmas wilayah Ambarawa, tadi kita di ajak senam bersama dan ada pemeriksaan kesehatan” ujar Much Rokhim.

Kegiatan di Terminal Bawen yang di ikuti lebih dari 400 orang ini dimulai dimulai dengan senam bersama yang dipandu oleh Klub Senam Gardenia, yang memang rutin melaksanakan senam bersama di Balkesmas Ambarawa setiap hari Jumat. Usai senam bersama, dilanjutkan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Dalam penyuluhan ini, Dr Atin Suhesti, Kepala Seksi Pelayanan, memberikan penyuluhan tentang pentingnya penerapan Germas dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya ingatkan bapak ibu semuanya, jangan lupa untuk selalu melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, periksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, ini menunjang kesehatan kita sekaligus bagian dari gerakan masyarakat hidup sehat” pesan dokter Atin Suhesti.

Dalam kesempatan itu, Balkesmas wilayah Ambarawa juga mengkampanyekan tentang pentingnya pola makan yang sehat dan pengurangan sampah plastik. Setiap peserta yang terlibat dalam kegiatan itu, mendapatkan makanan sehat yang dibungkus dengan kantong dari kertas yang dibuat oleh Balkesmas. Pengurangan penggunaan plastik merupakan salah satu bentuk partisipasi Balkesmas dalam menjaga kesehatan lingkungan.

Sementara itu selain menggandeng Kementerian Perhubungan, Balkesmas wilayah Ambarawa juga mengundang Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Tengah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Puskesmas Ambarawa, Puskesmas Bawen, Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Bawen. (Tim Balkesmas wilayah Ambarawa)