alexametrics

Balkesmas Wilayah Ambarawa Ajak Siswa SMK N 1 Bawen Menjadi Pelopor Kesehatan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Ambarawa, tak henti-hentinya mensosialisasikan pola hidup sehat dan lingkungan sehat kepada masyarakat serta sosialisasi deteksi dini, khususnya yang tinggal di wilayah kerja Balkesmas wilayah Ambarawa, yang meliputi kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kendal, Batang, Temanggung, Wonosobo dan Banjarnegara. Kali ini sasaran sosialisasi deteksi dini tim kesehatan Balkesmas Ambarawa adalah siswa SMK N 1 Bawen.

Kegiatan yang digelar belum lama ini adalah deteksi dini kesehatan, terhadap siswa siswi untuk mengetahui kondisi kesehatan, khususnya penyakit menular dan penyakit tidak menular yang berbahaya sekaligus mencegah kondisi penyakit menjadi lebih parah. Dalam kegiatan yang diikuti dengan penuh antusias siswa siswi SMK N 1 Bawen, tim medis Balkesmas Ambarawa memberikan pemahaman sekaligus meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, untuk menunjang proses belajar mengajar dilingkungan sekolah.

Baca juga:  Senam Anti Watuk Meriahkan HKN di Balkesmas Wilayah Ambarawa
Tim konseling Balkesmas Wilayah Ambarawa, memberikan bimbingan konseling kepada salah satu siswi SMK N 1 Bawen. (Ist)

“Siswa juga kami ajarkan upaya melakukan pencegahan penyakit yang biasa diderita seperti penyakit kulit, diare, demam berdarah dengue (DBD), Batuk Pilek, dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang sehat dan kurang terjaga kebersihannya,” ungkap Riptieni Tri Lutiarsi.,SKM, M.Kes, Kepala Balkesmas wilayah Ambarawa.

Usai penyuluhan, tim medis Balkesmas Ambarawa kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan para siswa. Satu persatu mereka menjalani pemeriksaan kesehatan fisiknya, dan dicek melalui laboratorium sederhana tim Balkesmas Ambarawa.

“Tidak hanya dicek kesehatannya, kami juga membuka konseling kepada siswa tentang berbagai macam gangguan kesehatan yang di deritanya,” tutur Riptieni Tri Lutiarsi.

Di akhir kegiatan, tim Balkesmas Ambarawa berharap, siswa siswi SMK N 1 Bawen sebagai warga yang terdidik dapat menjadi pelopor kesehatan di lingkungannya, siswa diharapkan dapat aktif dalam menyampaikan masalah kesehatan di masyarakat, sekaligus ikut membantu serta mendorong masyarakat untuk menjaga lingkungannya agar senantiasa bersih dan berperilaku hidup sehat. (sls/web/ap)

Baca juga:  Peringati HUT Korpri, Balkesmas Wilayah Ambarawa Gelar Donor Darah Massal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya