alexametrics

PGN Perluas Bisnis LNG di China

Gandeng WnD (Liaoning) Heavy Industry

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, JAKARTA–Dalam rangka optimalisasi portofolio LNG dengan memperluas bisnis LNG di pasar internasional, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menggandeng perusahaan EPC dan Manufacturer asal China, WnD (Liaoning) Heavy Industry Co., Ltd.

Perjanjian kerjasama ditandatangai oleh Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukthar dan Direktur Utama WnD (Liaoning) Heavy Industry Co Ltd, Zhu Yanping William, kemarin.

Syahrial mengatakan, sesuai MoU dalam jangka waktu satu tahun ke depan, PGN masuk ke small-scale LNG di China. WnD sendiri telah menyediakan solusi logistik LNG skala kecil di China. “Tidak menutup kemungkinan akan ada potensi kerjasama lainnya berdasar kesepakatan,” lanjutnya.

Menurut Syahrial, China merupakan negara dengan peluang bisnis besar. China membutuhkan sumber energi global untuk konsumsi yang terus meningkat. Berdasarkan perhitungan PGN, China memiliki potential demand gas/LNG yang terus bertambah lebih dari 15 persen setiap tahunnya. “Hal yang tepat jika PGN dapat berkontribusi dengan mengutamakan portfolio LNG dari domestik,” katanya.

Baca juga:  PGN - MITSUI Kembangn Infrastruktur Gas Bumi

Sementara itu, pada tahun 2020 ini, pengembangan bisnis LNG trading di Pasar Internasional ditargetkan dengan total 6 kargo dan Pasar Domestik dengan total sebesar 4 kargo. Selanjutnya, dalam lima tahun ke depan, akan ada peningkatan volume pengelolaan niaga Global LNG Trading sebesar ±600 BBTUD.
Selain China, inisiasi LNG trading oleh PGN mencakup sejumlah wilayah antara lain, Jepang dengan potensi kebutuhan sebesar 1-2 kargo per tahun di tahun 2020, Myanmar dengan potensi permintaan sebesar 9 kargo per tahun yang akan dimulai tahun 2021, Philipina sebesar 18 kargo per tahun mulai tahun 2023, dan Eropa 1-2 kargo di tahun 2020.

“Program-program ini ditargetkan dapat memberikan benefit berupa kehandalan kapasitas infrastruktur LNG, sehingga dapat meningkatkan kemampuan PGN di internasional sebagai Global LNG Player,” tutup Syahrial. (tri/ida)

Baca juga:  PGN Siap Pasok Gas ke PLN

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya