alexametrics

Kinerja Pembangunan Pemprov Jawa Tengah 2019 Semakin Positif

Kinerja Pembangunan Pemprov Jawa Tengah 2019 Semakin Positif

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KINERJA pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah sepanjang tahun 2019dalam kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen, menunjukkan tren yang sangat positif. Hal itu bisa dilihat dari capaian berbagai aspek, seperti infrastruktur, pariwisata, ekonomi, dan lainnya. Hal itu bisa dirunut dari berbagai indikatorm mulai dari Hasil Pelaksanaan Pembangunan Tahun Anggaran 2019, Kinerja Investasi, Hasil Pembangunan Sektor Perhubungan, Sektor Kepemudaan dan Olah Raga, Sektor Pariwisata, Sektor Pertanian, Koperasi dan UKM, Infrastruktur, Desa Dampingan SKPD dan Upaya Penanganan Kemiskinan, Bantuan Keuangan kepada Kabupaten/Kota, Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Desa, Rencana Program dan Kegiatan Prioritas Tahun 2020, dan Penghargaan Pemprov Jateng Tahun 2019.

Baca juga:  PGN Mengalir Gas Bumi untuk Industri di Pandaan

Tahun ini, total realisasi investasi di Jawa Tengah sebesar Rp 222,26 triliun, dengan rincian Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 120,47 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 101,79 triliun. Investasi-investasi tersebut tersebar dalam 13.519 proyek dan menyerap sebanyak 578.612 tenaga kerja di Jawa Tengah.

Dari sisi infrastruktur, berbagai proyek besar di Jawa Tengah menunjukkan progres signifikan. Di bidang infrastruktur perhubungan, setidaknya ada tiga bandara yang dikebut pembangunannya di tahun 2019, yakni Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga, Bandara Ngloram Cepu Blora dan Bandara Dewandaru Karimunjawa. Selain itu, Pemprov Jawa Tengah juga telah menambah satu koridor Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng, Semarang-Kendal sehingga melengkapi dua koridor yang sudah ada sebelumnya, yakni Semarang-Bawen dan Purwokerto-Purbalingga.

Baca juga:  Jateng Berangkatkan 10 KK Transmigran Akhir Tahun 2021

Selain itu, pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) Jatidiri Semarang juga menunjukkan progres signifikan di tahun 2019 ini. Beberapa pekerjaan seperti pembangunan GOR indoor, lintasan sepatu roda, gym center dan lainnya sudah selesai 100 persen.

Di sektor pariwisata, sejumlah kegiatan dalam rangka peningkatan kunjungan wisatawan baik nasional maupun asing terus dilakukan. Hingga awal Desember 2019, tercatat kunjungan wisatawan asing ke Jawa Tengah sebesar 623.787 orang dan wisatawan nasional sebesar 49.546.219 orang.
Selain itu, sejumlah sektor lain seperti pertanian, UKM, koperasi, infrastruktur jalan, penanggulangan bencana dan lainnya juga menunjukkan capaian kinerja positif. Di beberapa sektor itu, sejumlah program kerja dapat dilaksanakan sesuai target yang ditetapkan.

Baca juga:  Keuntungan PDAM Kendal Meroket

Atas kinerja positif tersebut, Pemprov Jawa Tengah diganjar dengan 48 penghargaan di berbagai bidang dari pemerintah pusat maupun berbagai pihak lainnya. Hal ini, masih terus akan ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya. (*/kom/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya