Ketep Pass Air Terjun Kedung Kayang Eksotisme Wisata Ketinggian di Magelang

Mengunjungi Ketep Pass dan Kedung Kayang

448
KEMAJUAN : Tampilan peta wisata Kota Magelang ketika pengguna memindai kode quick response (QR) menggunakan aplikasi QR Code Scanner. (PUPUT PUSPITASARI/JAWA POS RADAR KEDU)
KEMAJUAN : Tampilan peta wisata Kota Magelang ketika pengguna memindai kode quick response (QR) menggunakan aplikasi QR Code Scanner. (PUPUT PUSPITASARI/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.ID, KABUPATEN Magelang memiliki segudang destinasi pariwisata yang sangat populer dan tidak kalah elok nan eksotis bila disandingkan dengan beberapa daerah lain di Indonesia. Mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi dapat dengan mudah ditemukan.

Seperti di Kecamatan Sawangan, yang terletak di kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Di sana, memiliki beberapa wisata keren yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik sampai mancanegara. Sebut saja Gardu Pandang Ketep Pass yang menawarkan keindahan Gunung Merapi dan Merbabu dalam satu sudut pandang mengagumkan. Hingga eksotisme air terjun Kedung Kayang yang letaknya berada di antara dua gunung tersebut.

Ketep Pass misalnya, menawarkan keindahan panorama dari ketinggian 1.200 di atas permukaan laut. Letaknya sangat dekat dengan kaki Gunung Merapi nan legendaris. Selain khas dengan hawa dingin nan segar, di sekitar kawasan tersebut terbentang tanaman sayur mayur.

Saat ini, kondisi cuaca di musim pancaroba kerap menawarkan bentangan alam yang cerah tanpa kabut. Wisatawan dapat melihat jelas puncak Gunung Merapi dan Merbabu. Bahkan, dari kejauhan. Tampak Gunung Sindoro, Sumbing dan beberapa deretan pegunungan yang begitu menawan. Bila ingin lebih leluasa, wisatawan bisa memanfaatkan gazebo gardu pandang yang terletak paling atas sendiri. Bila kurang puas, pengunjung dapat menyewa teropong yang disediakan pengelola wisata.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso S.Sos M.Si menuturkan, Ketep Pass yang dibangun Oktober 2002 itu merupakan objek wisata alam unggulan yang dikembangkan dengan ciri khas wisata edukasi kegunungapian. Berbagai fasilitas terus ditingkatkan guna memanjakan wisatawan yang datang dari berbagai daerah di nusantara. ”Selain menawarkan keindahan alam, Objek Wisata Ketep Pass memiliki wahana edukatif. Seperti museum hingga Ketep Volcano Theatre yang menampilkan rekaman letusan Gunung Merapi dari waktu ke waktu,” tutur Iwan, Selasa (5/11).

Harga tiket masuk di Ketep Pass juga cukup terjangkau. Untuk hari Senin hingga Sabtu, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 10.500 per orang dan khusus hari minggu atau libur Rp 12.500. Sedang tiket masuk bioskop Rp 9.000. Bila berkunjung ke sini, jangan lupa mencicipi kudapan khas Ketep Pass yakni tempe mendoan dan jagung bakar.

Setelah mengunjungi Ketep Pass, kurang rasanya bila tidak mampir ke Air Terjun Kedung Kayang yang terletak di perbatasan Magelang dan Boyolali. Tepatnya di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, kabupaten Boyolali. Jaraknya hanya 3 kilometer dari Ketep Pass. Air terjun cantik yang letaknya di ketinggian 950 di atas permukaan laut ini memiliki tinggi 40 meter.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, pengunjung terlebih dahulu melewati jalan setapak dari lokasi kendaraan. Uniknya, keindahan Kedung Kayang bisa dinikmati dari berbagai sisi. Mulai dari atas, depan hingga samping.

”Dengan kondisi alam yang masih alami, sangat asri dan sejuk menjadi pesona keindahan tersendiri yang sangat luar biasa. Beberapa wahana baru seperti gardu pandang di atas pohon juga sangat cocok untuk mengabadikan keindahan panorama dengan berswafoto,” papar Iwan.

Cukup dengan Rp 6 ribu, pengunjung bisa menikmati keindahan ke Kedung Kayang dengan latar Gunung Merapi dan Merbabu. Dengan suasana alam yang indah, tempat ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali ke rutinitas. (adv)