alexametrics

Kirab Budaya Nusantara Semarakkan Pandatara SMA TN

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Ribuan orang, baik orangtua siswa maupun masyarakat umum menikmati kirab budaya nusantara Minggu (3/11) di SMA Taruna Nusantara Magelang. Kirab ini sekaligus menutup rangkaian Pameran Seni dan Budaya Nusantara (Pandatara) tahun 2019 yang berlangsung sejak Jumat (1/11).

Kirab budaya nusantara menampilkan 11 anjungan budaya, melalui kekhasan daerahnya. Masing-masing anjungan menampilkan pakaian khas, kesenian dan budayanya dengan berjalan kaki dari halaman gedung kolam renang SMA TN menuju pelataran balairung.

Salah satu anjungan budaya yang cukup lengkap kekhasan daerahnya dalam kirab yakni anjungan budaya Jawa Tengah. Anjungan ini menampilkan deretan penari, custom carnival, bahkan mengikutsertakan kereta kencana ditarik kuda. Tak hanya itu, dikirab pula patung raksasa berbentuk naga baru klinting yang terbuat dari bambu. Penampilan anjungan Jawa Tengah ini pun diganjar juara pertama lomba kirab, disusul anjungan DKI Jaya juara 2, dan Jawa Timur juara 3.

Baca juga:  Mina Gule Sabet Juara Pokdakan

Untuk anjungan budaya DKI Jaya juga meraih juara pertama lomba Duta Nusantara, dan juara kedua dalam lomba stan budaya. Sedangkan pemenang lomba penampilan kesenian diraih anjungan Bali-Nusa sebagai juara pertama dengan tari Kecak. Anjungan Kalimantan sebagai juara kedua dengan Tari Perang, dan juara ketiga anjungan Papua-Maluku membawakan Tari Yosfan.

Sedangkan pemenang lomba stan budaya, juara pertama diraih anjungan Bali-Nusa, juara kedua anjungan DKI Jaya, dan anjungan Sulawesi sebagai juara ketiga. Pemenang 1 lomba Duta Nusantara diraih anjungan DKI Jaya, anjungan Kalimantan juara kedua, dan juara ketiga diraih anjungan Sumatera 1.

Dalam penutupan Pandatara juga dilakukan pengumuman pemenang lomba-lomba tingkat TK-SMA, yakni lomba band antar-SMA dengan juara 1 SMAN Magelang. Juara 2 SMA Muhammadiyah Magelang, dan juara ketiga SMA Seminari Magelang. Lomba tari kreasi juara 1 dari SMPN 1 Sanden, juara 2 tim Rejowinangun, dan tim Sigrak Soreng sebagai juara ketiga. Lomba ceras cermat budaya tingkat SMP juara 1 dari SMP Kesatuan Bangsa, juara 2 SMPN 1 Magelang, dan SMPIT Ikhsanul Fikri sebgaia juara ketiga. Lomba story telling juara 1 SMPN 2 Temanggung, juara 2 SMP Mutual Magelang, dan SMPN 1 Magelang juara 3.

Baca juga:  Ganjar: Pandatara Upaya Menjaga Persatuan

Ketua Panitia Pandatara 2019 Bambang Edi S, SSos mengatakan pelaksanaan Pandatara berjalan lancar dan sukses hingga hari terakhir. Pihaknya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi.

Kepala SMA TN Brigjen Purn Soebagio mengucapkan terimakasih dan juga dukungan seluruh pihak dalam pelaksanaan Pandatara 2019. Terutama orangtua siswa seluruh angkatan baik angkatan 28, 29, dan 30.

“Semoga Pandatara bisa menjadi sarana mengenal budaya di nusantara, dan semakin mencintai budaya Indonesia. Terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras mensukseskan Pandatara tahun 2019 di SMA TN,” ucapnya.

Sementara, Bupati Magelang Zaenal Arifin yang menutup secara resmi rangkaian kegiatan Pandatara, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, kata bupati, selama tiga hari, anak-anak SMA TN telah menyatukan Indonesia dalam berbagai keanekaragaman budaya nusantara.

Baca juga:  Xpander Pinter Bener, Banjir Hadiah Menarik

“Ini adalah bagian memberi spirit dan motivasi, melalui Pandatara menunjukkan bahwa Indonesia adalah Sabang dan Merauke. Tantangan kita ke depan, tidak jauh lebih mudah. Namun dengan akar kebangsaan yang kuat, budaya luhur yang dijaga maka akan menjaga dan membawa Indonesia lebih maju,” tukasnya. (adv/had/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya