alexametrics

Ganjar: Pandatara Upaya Menjaga Persatuan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut bahwa Pameran Pameran Seni dan Budaya Nusantara (Pandatara) tahun 2019 di SMA Taruna Nusantara Magelang sebagai upaya menjaga persatuan. Pandatara bisa menunjukkan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

“Hari ini kita ngumpulkan pelajar ya dari SMA TN, pelajar seluruh Indonesia, dan ini menarik mereka untuk bertukar seni, budaya, bersilaturahmi, kenalan, dan saling mengenal. Ini bagian atau cara, metode untuk menjaga persatuan. Untuk membuat toleransi, di antara mereka. Sehingga mereka merasakan bisa bercerita, dan bisa berbagi bahwa Indonesia keragamannya seperti ini, yang sangat luar biasa, sangat kaya, yang semuanya harus saling menghormati,” kata Ganjar di sela mengunjungi stan anjungan budaya nusantara di SMA Taruna Nusantara Magelang, Jumat (1/11).

Baca juga:  Kenalkan Dispenser Teknologi BioPad

Ganjar berharap, generasi-generasi seperti inilah yang akan merawat kebhinekaan dalam NKRI. Pandatara SMA TN bisa menjadi inspirasi sekolah-sekolah lain untuk membuat acara budaya semacam ini.

Kepala SMA TN Magelang, Brigjen Purn Soebagio menjelaskan, Pameran Seni dna Budaya Nusantara akan berlangsung selama tiga hari, yaitu 1-3 November. Dijelaskannya, di tengah-tangah maraknya pengaruh budaya asing di media sosial yang belum tentu sesuai dan sejalan dengan budaya asli bangsa Indonesia, SMA TN memperkenalkan budaya-budaya asli Indonesia kepada para siswa yang dikemas dalam kegiatan Masyarakat luas maupun siswa diharapkan lebih mengenal, memahami, menghargai, mengapresiasi serta selanjutnya melestarikan budaya adiluhung yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Hal ini  merupakan salah satu wujud implementasi haluan SMA TN sebagai sekolah yang berwawasan kebangsaan, kejuangan, dan kebudayaan,” ujarnya.

Baca juga:  DPRD Kendal Ingatkan Bupati Tepati Janji Politik

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar didampingi Soebagio, serta anggota DPR RI Abraham Lunggana (Lulung) mengunjungi 11 anjungan budaya nusantara. Para siswa tiap anjungan berkesempatan berfoto dan memberikan buah tangan berupa kerajinan khas daerahnya kepada gubernur. Bahkan di stan anjungan budaya Papua, Ganjar disambut upacara adat selamat datang dengan cara memasukkan kaki ke dalam sebuah ceruk. (adv/had)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya